In-depth

Sejarah Transfer Liverpool Bulan Januari: Ada yang Sukses, Ada yang Ambyar

Jumat, 1 Januari 2021 17:28 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Andrew Powell/Liverpool FC via Getty Images
Philippe Coutinho dan Luis Suarez, dua rekrutan yang datang ke Liverpool pada bulan Januari. Copyright: © Andrew Powell/Liverpool FC via Getty Images
Philippe Coutinho dan Luis Suarez, dua rekrutan yang datang ke Liverpool pada bulan Januari.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, pernah mencatatkan sejumlah transfer pada bulan Januari, yang mana ada yang sukses, namun ada juga yang gagal.

Meski tidak seramai bursa transfer musim panas, kedatangan pemain pada bulan Januari juga bisa membawa dampak signifikan bagi klub, terlepas dari kompetisi liga yang sebagian besar sedang memasuki tengah musim.

Liverpool dikenal sebagai klub yang kerap mendatangkan pemain-pemain hebat, entah itu saat musim panas maupun musim dingin. Namun ada kalanya mereka juga salah dalam melakukan penilaian.

Nah, berikut ini tersaji beberapa sejarah transfer Liverpool pada bulan Januari yang dirangkum redaksi berita olahraga INDOSPORT. Siapa saja ya?

Januari 2020 - Takumi Minamino

Takumi Minamino datang membawa hawa segar ke kompetisi Liga Inggris dengan mengikuti jejak sejumlah pemain Asia seperti Park Ji-sung, Shinji Kagawa, dan Ki Sung-yueng.

Ia diboyong dari RB Salzburg melalui kesepakatan yang dicapai pada Desember 2019 dan dituntaskan pada Januari 2020, menjadikannya pemain Jepang pertama yang berseragam The Reds.

Setelah melakoni debut pada bulan yang sama, Minamino kemudian seperti menghilang dimakan waktu. Meski tidak seratus persen lenyap, ia jarang terdengar melakukan sesuatu yang wah atau tampil brilian untuk tim barunya.

Untungnya, belakangan ini sepertinya kepercayaan diri pemain kelahiran 16 Januari 1995 tersebut perlahan mulai muncul. Practice makes perfect, mungkin istilah ini sangat cocok disematkan pada pemuda asal Osaka ini.

Meski punya start yang cukup lamban di Liverpool, masih ada kesempatan bagi seorang Takui Minamino untuk terus memperbaiki diri. Jangan sampai ia jadi salah satu rekrutan bulan Januari The Reds yang berakhir memilukan.

Januari 2018 - Virgil van Dijk

Salah satu contoh transfer bulan Januari yang sukses bin ajaib. Diboyong dari Southampton, tidak banyak yang menyangka Van Dijk selanjutnya akan menjelma sebagai bek hebat di Liverpool.

Pemain jangkung ini tidak perlu menunggu lama untuk meraih hati para penggemar The Reds. Ia langsung menciptakan gol saat momen debutnya, yakni melawan Everton di pertandingan putaran ketiga Piala FA.

Catatan ini pun membawanya menjadi pemain pertama setelah Bill White pada 1901 yang mencetak gol di Derbi Merseyside. Bersama Dejan Lovren, Van Dijk adalah kekuatan utama di jantung pertahanan Liverpool.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%