In-depth

Takumi Minamino: Kesabaran yang Berbuah Hasil Manis di Liverpool

Senin, 21 Desember 2020 13:53 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Takumi Minamino jadi salah satu bintang Liverpool saat melawan Crystal Palace. Copyright: © Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Takumi Minamino jadi salah satu bintang Liverpool saat melawan Crystal Palace.

INDOSPORT.COM - Takumi Minamino akhirnya berhasil unjuk gigi juga di klub Liga Inggris, Liverpool, setelah melalui masa-masa sulit.

Pemain asal Jepang tersebut mengalami start yang cukup lambat setelah datang ke Liverpool dari RB Salzburg pada Desember 2019. Butuh waktu satu tahun baginya untuk menarik perhatian publik sepak bola.

Momen membahagiakan pun akhirnya terjadi pada Minamino setelah ia mencetak gol perdana di ajang Liga Inggris, saat melawan Crystal Palace, Sabtu (19/12/20).

Tidak tanggung-tanggung, skuat Jurgen Klopp menang besar dengan skor 7-0. Selain Minamino, tujuh gol yang berhasil dibuat berasal dari para pemain andalan The Reds yakni Sadio Mane, Mohamed Salah (brace), Jordan Henderson, dan Roberto Firmino (brace).

Minamino sendiri adalah pembuka keran gol timnya di pertandingan kontra The Eagles tersebut. Gol cepatnya pada menit ke-3 membuat The Reds unggul terlebih dahulu sebelum memberondong gawang lawan dengan bola.

Tentu persitiwa ‘bersejarah’ ini merupakan buah manis dari keputusan Jurgen Klopp yang meletakkan Mohamed Salah di bangku cadangan dan memberi kesempatan Minamino di starting XI.

Minamino tampil impresif di bagian sayap kiri setelah beberapa kali dipasang di lapangan tengah. Practice makes perfect, mungkin istilah ini sangat cocok disematkan pada pemain berusia 25 tahun asal Osaka ini.

Takumi Minamino, sosok yang bisa dijadikan contoh, bahwa sebuah kesabaran pasti akan berbuah meski membutuhkan waktu cukup lama. Apalagi, dengan situasi di mana pemain harus bersaing ketat demi tempat di tim utama.

Hal ini pun juga diakui Klopp sebagai pelatih kepala yang melihat perkembangan Minamino sejak datang hingga sekarang.

“Ketika Anda bermain di lapangan tengah, Anda harus punya kemampuan menyerang. Taki bermain dua kali di sana dan dia melakukannya dengan baik,” kata Klopp seperti dikutip dari laman Liverpool Echo.

Walaupun begitu, menurut Klopp, hal paling penting tentang Minamino saat ini adalah perkembangannya saat sesi latihan. Ia terus berjuang demi menjadi pemain pilihan di skuat Liverpool.

Klopp juga melihat bahwa Minamino saat ini sedang dalam kondisi yang apik, sehingga akan sangat disayangkan apabila momentum ini tidak digunakan sebaik mungkin.