In-depth

Sudah Waktunya Manchester United Mengandalkan Eric Bailly

Minggu, 3 Januari 2021 13:56 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Meski tak mencetak gol saat Manchester United mengalahkan Aston Villa, Eric Bailly sukses jadi pahlawan. Sudah waktunya ia jadi andalan Setan Merah musim ini.

Manchester United mengawali tahun 2020 dengan bagus. Sabtu (02/01/21) dini hari lalu mereka sukses mengalahkan Aston Villa 2-1 di pekan ke-17 Liga Inggris

Kemenangan ini mengokohkan Setan Merah di peringkat 2 klasemen Liga Inggris. Di sisi lain, raihan tiga angka itu juga membuat mereka menyamai koleksi poin Liverpool yang berada di puncak dengan 33 poin, meski The Reds berpeluang menjauh lagi jika mengalahkan Southampton, Selasa (05/01/21).

Pemandangan menarik terjadi sesuai laga usai ketika satu per satu pemain MU menghampiri Eric Bailly untuk memberinya pujian. Meski tak mencetak gol, bek asal Pantai Gading itu memang sukses menyelamatkan kemenangan Setan Merah.

Beberapa saat sebelum pertandingan berakhir Bailly sukses memblok tembakan pemain Aston Villa, Keinan Davis, dengan tubuhnya. Jika tak ada aksi heroik itu, Aston Villa tentu sudah menyamakan kedudukan dan MU kehilangan 2 poin berharga.

Mulai Kembali ke Performa Terbaik

Datang ke Old Trafford dari Villarreal di musim panas 2016 sebagai pembelian pertama Jose Mourinho, Eric Bailly langsung tampil gemilang di musim perdananya.

Seperti yang ditunjukkan saat melawan Aston Villa, Bailly dikenal tangguh dan ngotot sehingga rela jatuh bangun mengamankan lini belakang Manchester United. Akibatnya, ia pun menjadi andalan Mourinho di musim 2016/2017 itu dan tampil 38 kali di semua kompetisi.

Sayangnya, di musim-musim berikutnya menit bermain Bailly menurun drastis akibat rangkaian cedera yang dialaminya, sehingga ia tak pernah kembali ke performa terbaik.

Laga melawan Aston Villa kemarin merupakan penampilan kedelapannya musim ini, atau yang keempat secara beruntun. Kesempatan langka ini menghampiri Bailly setelah Victor Lindelof mengalami cedera.

Ia pun membayar kepercayaan yang diberikan Ole Gunnar Solskjaer itu dengan baik. Dari 4 laga beruntun itu (vs Everton di Piala Liga dan Leicester, Wolves, serta Aston Villa di Liga Inggris) Bailly membawa Manchester United meraih 3 kemenangan dan hanya 1 kali kalah, serta mencatatkan 2 cleansheet.

Rangkaian penampilan gemilang itu membuat Eric Bailly sudah selayaknya mendapatkan kepercayaan lebih di sisa musim ini untuk menjadi rekan utama Harry Maguire.

Sudah Saatnya Jadi Andalan

Patut diakui bahwa duet Victor Lindelof dan Harry Maguire musim ini memang telah menunjukkan peningkatan yang baik. Namun, Eric Bailly yang berada dalam kondisi fit diyakini merupakan partner yang sempurna bagi Maguire karena perbedaan gaya permainan yang justru saling melengkapi.

Harry Maguire memang dikenal tangguh dalam duel udara, namun ia tak memiliki kecepatan yang baik sehingga kelemahannya itu kerap dieksploitasi musuh.

Sebaliknya, Bailly dikenal sebagai bek yang cepat. Dengan demikian, ia pun bisa mengatasi para penyerang cepat di kubu lawan, seperti ketika mematikan Anwar el-Ghazi di laga melawan Aston Villa. Selain itu, ia juga tak kenal takut dan dikenal rela mengorbankan tubuh demi mengamankan gawang.

Ole Gunnar Solskjaer sendiri memuji penampilan Bailly saat melawan Villa. “Dia layak menerimanya (ucapan selamat dari rekan-rekan setim seusai laga), karena dia sempat mengalami masa-masa sulit karena cedera,” kata sang manajer kepada ManUtd.com.

“Di ruang ganti, semua orang ingin melihat dia sukses. Kami tahu bisa sepenting apa dia bagi kami, dan malah ini dia menunjukkannya,” pungkas Solskjaer.

Dengan performa yang telah ditunjukkannya di 4 laga terakhir, bukan tidak mungkin kita bisa melihat Eric Bailly lebih sering lagi mengawal pertahanan Manchester United musim ini, tentunya dengan catatan ia terus berada dalam kondisi fisik yang baik dan bebas cedera.