In-depth

Moises Caicedo, Paduan Kante dan Pogba yang Segera Jadi Milik Manchester United

Selasa, 5 Januari 2021 14:16 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© JOSE JACOME/POOL/AFP via Getty Images
Moises Caicedo disebut tinggal selangkah lagi jadi pemain baru Manchester United. Wonderkid Ekuador ini dikenal sebagai perpaduan N’Golo Kante dan Paul Pogba. Copyright: © JOSE JACOME/POOL/AFP via Getty Images
Moises Caicedo disebut tinggal selangkah lagi jadi pemain baru Manchester United. Wonderkid Ekuador ini dikenal sebagai perpaduan N’Golo Kante dan Paul Pogba.

INDOSPORT.COM – Moises Caicedo disebut tinggal selangkah lagi jadi pemain baru Manchester United. Wonderkid Ekuador ini dikenal sebagai perpaduan N’Golo Kante dan Paul Pogba.

Sempat terpuruk di pertengahan musim, termasuk tersingkir dari Liga Champions dan beralih ke Liga Europa, Manchester United bangkit pada momen pergantian tahun.

Rangkaian hasil bagus membuat Setan Merah kini berada di peringkat 2 klasemen Liga Inggris dengan 33 poin dari 16 laga. Jumlah poin itu sama dengan Liverpool yang ada di puncak. Padahal, The Reds sudah tampil 17 kali.

Langkah apik tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu pun berlanjut di luar lapangan, tepatnya di bursa transfer Januari ini.

Usai dipastikan akan kedatangan Amad Diallo dari Atalanta yang sudah direkrut sejak musim panas lalu tapi kedatangannya tertunda karena izin kerja, Manchester United disebut akan segera kedatangan pemain anyar lagi. Sosok yang dimaksud adalah wonderkid asal Ekuador, Moises Caicedo.

Laman Manchester Evening News menyebut pihak manajemen Manchester United kini tengah memasuki negosiasi tahap akhir dengan klub yang dibela Moises Caicedo saat ini, Independiente del Valle.

Setan Merah diketahui tak membutuhkan dana mahal untuk mendatangkan pemain 19 tahun itu, yakni hanya 6 juta euro atau sekitar Rp102 miliar.

Nantinya akan ada pula klausul yang menyebut jika di kemudian hari Manchester United menjual Caicedo, Independiente del Valle akan menerima bagian 20 persen dari hasil penjualan tersebut.

Caicedo sendiri diyakini menyambut gembira potensi kepindahan ke Old Trafford di bursa transfer ini, setelah kedapatan memberikan tanda suka di postingan akun resmi Manchester United di Instagram.

Direkomendasikan Antonio Valencia dan Sempat Diburu AC Milan

Moises Caicedo bergabung dengan Independiente del Valle pada tahun 2014 ketika berusia 13 tahun. Lima tahun kemudian, ia sudah menembus tim utama usai menjalani debut di Serie A Ekuador pada 1 Oktober 2019 ketika klub tersebut mengalahkan LD Quito 1-0.

Ia kemudian menjadi andalan sepanjang musim lalu, dengan tampil 28 kali di semua kompetisi dan menyumbangkan 6 gol serta satu assist. Penampilan gemilang di level klub pun membuatnya menjalani debut di timnas senior Ekuador pada Oktober 2020 lalu.

Manchester United sendiri diketahui sempat meminta masukan tentang Caicedo dari mantan kapten mereka yang berasal dari Ekuador, Antonio Valencia.

Dilansir The Athletic, sang bek kanan yang juga pemain Ekuador pertama yang pernah membela MU itu menyebut Caicedo punya potensi besar yang bisa mendorongnya menunjukkan performa yang lebih bagus lagi di masa depan.

Caicedo juga diketahui sempat masuk radar AC Milan di bursa transfer musim panas lalu, tapi kepindahan ke San Siro itu tak pernah terwujud.

Gabungan N’Golo Kante dan Paul Pogba

Moises Caicedo sendiri dikenal memiliki gaya main layaknya perpaduan N’Golo Kante dan Paul Pogba, yang kebetulan merupakan dua pemain favoritnya.

Ia juga dikenal memiliki kemampuan untuk tampil di sejumlah posisi di lini tengah, meski peran terbaiknya adalah sebagai gelandang box to box atau gelandang bertahan.

Salah satu kemampuannya yang menonjol adalah akurasi umpannya. Dalam dua pertandingan pertamanya di timnas senior Ekuador yakni ketika melawan Argentina dan Uruguay di kualifikasi Piala Dunia, ia melepaskan 63 umpan tepat sasaran hanya dari 64 percobaan.

Ia pun terbilang produktif karena sudah mencetak 1 gol dan 3 assist dari 4 penampilan bersama timnas dan membawa Ekuador memenangi 3 laga di antaranya termasuk mengalahkan Uruguay.

Dengan potensi kepergian Paul Pogba di bursa transfer musim panas nanti, serta semakin menuanya Nemanja Matic, mendatangkan Moises Caicedo pada Januari ini menjadi langkah bagus Manchester United.

Waktu enam bulan hingga akhir musim ini bisa dimanfaatkan untuk memberinya kesempatan beradaptasi entah di tim junior maupun di tim utama, sebelum memberinya peran lebih besar pada musim depan.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
17%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
17%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
17%