Bola Internasional

Hasil Pertandingan Piala FA Arsenal vs Newcastle United: The Gunners Menang Susah Payah

Minggu, 10 Januari 2021 03:01 WIB
Editor: Coro Mountana
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Arsenal berhasil lolos ke babak selanjutnya Piala FA setelah menang susah payah atas Newcastle United di Emirates pada Minggu (10/01/21) dini hari WIB.

Babak Pertama 

Di awal babak pertama, Arsenal langsung menggebrak melalui usaha Nicolas Pepe, beruntung Martin Dubravka tampil begitu prima untuk Newcastle di putaran ketiga Piala FA kali ini. Arsenal pun menguasai jalannya pertandingan tetapi mereka dihadang pertahanan kuat ala Newcastle.

Arsenal pun mendapatkan sejumlah peluang seperti dari Aubameyang yang lagi-lagi masih mentah di tangan Dubravka. Newcastle bukannya tanpa peluang, Andy Carroll pun mencoba untuk memberi ancaman tetapi sayang ia kurang mendapat bantuan.

Menjelang babak pertama berakhir, Arsenal meningkatkan tempo memaksa Newcastle harus bertahan total. Usaha Newcastle pun berhasil, skor imbang 0-0 untuk babak pertama.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Newcastle di luar dugaan langsung menyerang di mana Carroll pun mendapat kesempatan untuk menembak ke gawang Bernd Leno. Sayang, usaha Carroll ternyata tak cukup membuat gawang Leno jebol.

Arsenal tampaknya mulai frustasi dalam membongkar pertahanan ketat Newcastle United sehingga mulai mencoba menembak dari luar kotak penalti. Selain menembak dari jauh, umpan langsung ke kotak penalti juga diperagakan oleh para pemain Arsenal.

Seperti yang dilakukan oleh Nicolas Pepe yang menemukan Joe WIllock tak terkawal. Sundulan pun dilakukan oleh Willock, namun Dubravka lagi-lagi membuat para pemain Arsenal frustasi dengan penyelamatannya.

Tak mau menyerah, Aubameyang, Bukayo Saka hingga Pepe secara bergantian juga memberikan tembakan terbaiknya, tapi nasib belum berpihak pada Arsenal. Pada akhirnya babak kedua berakhir dengan skor 0-0, membuat duel Newcastle United vs Arsenal harus berlanjut ke perpanjangan waktu.

Extra Time

Pada babak extra time, pertandingan berjalan dengan sangat alot sehingga membuat Granit Xhaka harus menembak dari jarak jauh lagi yang sukses membuat Dubravka jadi jatuh bangun. Akhirnya pada menit 110, sebuah gol pemecah kebuntuan berhasil dicetak oleh Arsenal.

Adalah Emile Smith Rowe yang memainkan kerja sama cantik dengan Lacazette memanfaatkan kesalahan Newcastle sebelum akhirnya ia mencetak gol. Di sisa waktu, Arsenal malah menambah keunggulan menjadi 2-0 melalui Aubameyang, Newcastle pun menyerah.

Meski menang meyakinkan 2-0, tapi sesungguhnya Arsenal harus bersusah payah hingga perpanjangan waktu demi menyingkirkan Newcastle United dari Piala FA.

Susunan Pemain

Arsenal: Bernd Leno; Cedric Soares, David Luiz, Pablo Mari, Kieran Tierney; Mohamed Elneny, Joe Willock; Nicolas Pepe, Willian, Reiss Nelson; Pierre-Emerick Aubameyang.

Newcastle United: Martin Dubrakva; Emil Krafth, Ciaran Clark, Jamaal Lascelles, Paul Dummett; Miguel Almiron, Jeff Hendrick, Isaac Hayden, Sean Longstaff, Joelinton; Andy Carroll.