Bola Internasional

Profil Pemain Garuda Select 3: Darah Asing Italia, Elia Di Guiliomaria

Minggu, 10 Januari 2021 10:42 WIB
Penulis: Martini | Editor: Pipit Puspita Rini
© Garuda Select
Gelandang muda dari skuat FC Como U-17, Elia Di Guiliomaria. Copyright: © Garuda Select
Gelandang muda dari skuat FC Como U-17, Elia Di Guiliomaria.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah profil pemain Garuda Select 3, Elia Di Guiliomaria. Dia adalah pemain asing asal Italia yang melengkapi skuat besutan Dennis Wise dan Des Walker.

Selain 21 pemain asal Indonesia, musim ini juga ada dua penggawa asing Italia yang bergabung dalam skuat Garuda Select 3, yakni Lorenzo Berra dan Elia Di Guiliomaria.

Lahir dan besar di Italia, membuat Elia sudah akrab dengan si kulit bundar sejak dini. Saat menginjak usia 5 tahun, Elia masuk akademi Ancona, tim dekat rumahnya di Kota Udine.

Tak lama berselang, Elia pindah ke Inverigo dan masuk ke tim akademi Xenia. Elia juga sempat menimba ilmu di Akademi Inter dari 2014 hingga 2018, lantas dipinjamkan ke Renate hingga Desember 2019.

Pada Januari 2020, Elia pindah ke FC Como, klub yang sempat menjadi homebase skuat Garuda Select 2 ketika bertandang ke Italia. Namun, kala itu Elia terbelit cedera ilipsoas dan harus menepi selama tiga bulan.

Siapa sangka, kegigihannya di lapangan hijau membuat Elia akhirnya dipanggil oleh Direktur Program Garuda Select Dennis Wise, untuk bergabung dalam latihan di Inggris, tepatnya pada Desember 2020.

"Pagi itu, saya baru keluar dari kamar dan bersiap ke sekolah. Saya menerima telepon dari manajer Como FC yang memberitahu bahwa saya dan Lorenzo terpilih untuk masuk di Program Garuda Select," ucap Elia.

Meski sempat mengalami kendala bahasa, Elia mengaku bisa cepat beradaptasi karena Edgard Amping dkk cukup ramah dan tidak segan untuk memulai komunikasi.

"Saya sangat gembira dan senang, apalagi pemain lain menerima saya dengan baik. Mereka adalah teman-teman yang baik, memberikan banyak senyum, sangat simpati, dan bersahabat," sebut pemain 17 tahun itu.

Sebagai pemain jebolan FC Como, tentu Elia mengusung target untuk masuk skuat utama dan bermain di Serie C Italia. Elia berharap bisa mengambil banyak ilmu selama mengikuti program Garuda Select.

"Selama sebulan pertama, saya melihat perubahan itu (teknik dan fisik), dan sangat senang dengan hasilnya. Saat kembali ke Como FC di musim semi nanti, saya ingin ikut berlatih dan masuk ke tim utama Como," ujar Elia.

Pada laga perdana Garuda Select vs Port Vale U-18, Desember 2020, Elia Di Guiliomaria masuk di babak kedua. Hasilnya, ia hampir membuat assist dan membawa keunggulan. Hanya saja bola bisa ditahan kiper lawan.