Bola Internasional

3 Alasan Mengapa Thomas Tuchel Adalah Pilihan Sempurna bagi Chelsea

Senin, 11 Januari 2021 15:02 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Xavier Laine/Getty Images
Thomas Tuchel berhasil membawa PSG juara Ligue 1 Prancis dengan menundukan AS Monaco dengan skor 3-2 di Parc des Princes, Senin 22/04/19. Xavier Laine/Getty Images Copyright: © Xavier Laine/Getty Images
Thomas Tuchel berhasil membawa PSG juara Ligue 1 Prancis dengan menundukan AS Monaco dengan skor 3-2 di Parc des Princes, Senin 22/04/19. Xavier Laine/Getty Images

INDOSPORT.COM – Nama Thomas Tuchel menjadi perbincangan setelah dipecat oleh Paris Saint-Germain. Bahkan, hingga PSG mendapat pelatih baru, namanya tetap menjadi perbincangan karena disebut sebagai kandidat kuat pengganti Frank Lampard di Chelsea.

Jelang Natal 2020 lalu, Tuchel mendapat kado Natal terburuk dalam hidupnya. Ia harus menerima kenyataan namanya dilengserkan dari jabatan sebagai pelatih PSG.

Pemecatan ini sendiri diduga diambil oleh manajemen PSG dikarenakan sikap Tuchel. Dikabarkan pria asal Jerman ini kerap berseteru dengan Leonardo, yang tak lain Direktur Olahraga Les Parisiens.

Bahkan dalam suatu kesempatan, Tuchel dianggap mempermalukan petinggi PSG sdalam sebuah wawancara bersama media Jerman. Alasannya, ia merasa tak dianggap kendati membawa Les Parisiens ke final Liga Champions untuk pertama kalinya.

Banyaknya konflik dengan petinggi Paris Saint-Germain pun membuat Thomas Tuchel harus hengkang dari Parc des Princes. Kini ia pun menganggur usai pemecatan tersebut.

Namun tak berselang lama, nama Tuchel disebut menjadi kandidat kuat pelatih Chelsea untuk menggantikan Frank Lampard. Hal ini sendiri tak lepas dari laju buruk The Blues di Liga Inggris.

Dalam enam laga terakhir, Chelsea tumbang sebanyak empat kali. Padahal, The Blues dengan materi kuat diunggulkan menang setidaknya dalam lima laga di antaranya.

Sayangnya, buruknya strategi Lampard membuat Chelsea meraih hasil minor. Tak ayal isu pemecatan mampir kepada pelatih berusia 42 tahun tersebut di mana Tuchel yang menganggur menjadi kandidat kuat untuk menggantikannya.

Meski hanya sebatas rumor, namun tak ada salahnya membayangkan apa yang akan didapat Chelsea jika benar Tuchel menggantikan Lampard.

Dengan latar belakangnya, Thomas Tuchel pun bisa menjadi pilihan sempurna bagi Chelsea untuk menggantikan Frank Lampard. Kesempurnaan tersebut pun bisa dilihat dari beragam alasan yang INDOSPORT rangkum di bawah ini.

1. Pengalaman Segudang di Usia Muda

Thomas Tuchel merupakan salah satu pelatih muda berbakat dengan segudang pengalaman. Di usianya yang baru 47 tahun (lima tahun lebih tua dari Lampard), ia telah berkarier di dunia kepelatihan selama 11 tahun lebih (sejak menangani Mainz 05 pada 2009).

Selain itu, Tuchel memiliki presentase kemenangan mumpuni dengan beragam gelar. Dari 402 pertandingan yang ia jalani sebagai pelatih, ia memiliki presentase kemenangan sebesar 55,22 persen dengan torehan tujuh gelar.

Dengan catatan tersebut, Tuchel sudah memiliki CV mentereng yang bisa ia sodorkan ke Chelsea. Kebetulan pula, The Blues adalah klub yang menuntut gelar di tiap musimnya. Perpaduan yang sepadan bukan?