In-depth

3 Pemain yang Bakal Jadi Korban Kedatangan Emiliano Buendia ke Arsenal

Selasa, 12 Januari 2021 15:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© George Wood/Getty Images
Arsenal bakal memboyong Emiliano Buendia di bursa transfer Januari ini. Berikut 3 pemain yang akan jadi korban kedatangan gelandang andalan Norwich City itu. Copyright: © George Wood/Getty Images
Arsenal bakal memboyong Emiliano Buendia di bursa transfer Januari ini. Berikut 3 pemain yang akan jadi korban kedatangan gelandang andalan Norwich City itu.

INDOSPORT.COMArsenal bakal memboyong Emiliano Buendia di bursa transfer Januari ini. Berikut 3 pemain yang akan jadi korban kedatangan gelandang andalan Norwich City itu.

Sukses menjuarai Piala FA musim lalu, Arsenal justru sempat terpuruk di Liga Inggris musim ini dengan berada di peringkat 15 klasemen usai gagal meraih kemenangan dalam 7 laga beruntun.

Beruntung, performa anak asuh Mikel Arteta mulai membaik jelang momen pergantian tahun. Tiga kemenangan beruntun mengangkat Arsenal ke peringkat 11.

Salah satu masalah utama The Gunners musim ini adalah minimnya kreativitas dari lini tengah, sehingga lini depan kekurangan suplai bola. Kondisi ini terjadi setelah Mikel Arteta membekukan Mesut Ozil dan tak mendatangkan gelandang kreatif pada bursa transfer musim panas lalu.

Meski situasi itu mulai membaik berkat aksi Emile Smith Rowe yang mencetak 2 assist dan 1 gol dalam 4 laga terakhir, mengandalkan pemain 20 tahun itu hingga akhir musim tentu sangat berisiko.

Akibatnya, Arsenal pun mulai dikaitkan dengan sejumlah gelandang, salah satunya Emiliano Buendia. Arteta disebut menginginkan kehadiran pemain asal Argentina itu, meski Norwich memasang banderol yang cukup mahal yakni 40 juta pounds (Rp768 miliar).

Emiliano Buendia sendiri memang tampil gemilang bersama The Canaries di Divisi Championship musim ini. Ia mencetak 7 gol dan 7 assist dari 19 penampilan di Championship dan membawa Norwich menjadi pemuncak klasemen sementara.

Buendia sendiri bukanlah sosok gelandang serang seperti Ozil maupun Smith Rowe, melainkan sayap kanan. Namun, hal tersebut tidak menghalangi keinginan Arteta mengingat kehadiran Buendia justru akan menambah variasi dalam serangan yang dilancarkan Arsenal.

Apalagi, dengan demikian Arteta justru bisa memainkan Buendia dan Smith Rowe secara bersamaan dalam pola 4-2-3-1.

Di sisi lain, kehadiran Buendia mengancam posisi sejumlah pemain Arsenal, tak hanya yang berposisi yang sama dengannya, tapi juga mereka yang memiliki posisi berbeda. Lantas, siapa saja pemain Arsenal yang terancam dengan kehadiran Buendia di bursa transfer Januari ini? Berikut ulasannya.