In-depth

Mencari Skenario Terbaik bagi Liverpool jika Dayot Upamecano Datang

Selasa, 12 Januari 2021 22:25 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© ANP Sport/GettyImages
Bek tengah RB Salzburg, Dayot Upamecano, yang dikaitkan dengan kepindahan ke Liverpool. Copyright: © ANP Sport/GettyImages
Bek tengah RB Salzburg, Dayot Upamecano, yang dikaitkan dengan kepindahan ke Liverpool.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, tidak banyak dikaitkan dengan sejumlah pemain di gelaran bursa transfer. Namun jika harus menyebut satu, mungkin ada nama Dayot Upamecano.

Bintang RB Leipzig tersebut sempat menghiasi pemberitaan yang berkaitan dengan krisis cedera yang dialami The Reds. Ya, apalagi kalau bukan wacana soal mendatangkan pemain baru demi mengisi posisi bek tengah.

Hanya saja, Jurgen Klopp sepertinya kurang berminat berbelanja di bursa transfer Januari ini, meski banyak yang sudah mendesaknya agar mencari pengganti Virgil van Dijk dan Joe Gomez yang harus absen lama.

Spekulasi pun terus bermunculan di mana-mana, apakah Klopp akan memperkuat pasukan lini pertahanannya atau tidak bulan ini. Semua masih tanda tanya, namun bukan berarti Liverpool tidak bisa membuat kejutan, kan?

Dayot Upamecano adalah salah satu nama yang mencuat sejak beberapa bulan lalu di daftar rumor transfer The Reds dan masih diperbincangkan sampai sekarang, meski gaungnya sudah tidak sekencang musim panas lalu.

Di RB Leipzig, Upamecano adalah bek tengah yang biasa beroperasi di sebelah kiri, namun ia juga bisa berada di kanan jika memang dibutuhkan. Sejak bergabung pada 2017, ia pun menjelma sebagai salah satu bek muda terbaik di Eropa.

Pemain berusia 22 tahun ini memiliki keunggulan di duel udara dan rate recovery ball yang apik, mungkin bisa jadi salah satu poin penting bagi Klopp untuk merekrutnya. Lantas, akan seperti apa Liverpool jika Upamecano datang?

Pada dasarnya, yang menjadi hambatan terbesar The Reds dalam mendatangkan Upamecano adalah RB Leipzig yang sepertinya enggan menjual salah satu bintang mudanya tersebut.

Pasalnya, berdasarkan kabar dari pakar transfer dan jurnalis Italia, Fabrizio Romano, RB Leipzig untuk sekarang masih membutuhkan jasa Upamecano.

Di sisi lain, Liverpool juga masih maju mundur untuk berselancar di bursa transfer Januari ini, apalagi ketika mereka, dan klub-klub lain, baru saja terdampak pandemi Covid-19 yang memengaruhi situasi finansialnya.

Oleh karena itu, mendatangkan pemain saat paruh musim sepertinya bukan sebuah ide yang bagus. Bursa transfer musim panas pun bisa jadi solusinya.

Begitu pula ketika membicarakan posisi mana yang bisa dihuni Dayot Upamecano jika datang ke Liverpool. Seandainya ia merapat bulan ini, mungkin saja ada satu tempat dalam formasi empat bek milik Klopp.

Akan tetapi, kedatangan Upamecano ke Anfield mungkin akan bergantung pada perkembangan Virgil van Dijk dan Joe Gomez. Ketiganya akan bersaing ketat, apalagi dengan pencapaian masing-masing yang memuaskan musim lalu.

Yang menarik, Upamecano mencatatkan statistik tekel yang lebih apik dari Van Dijk dan Gomez. Rataan tekel pemain kelahiran 27 Oktober 1988 tersebut menyentuh angka 2,0 per laga, sedikit lebih tinggi dari Van Dijk (0,6 per laga) dan Gomez (1,0) per laga.

Lalu untuk duel udara, Van Dijk masih lebih unggul dengan success rate sebesar 90,9 persen, disusul Upamecano (65,6) dan Gomez (59,2).

Jelas, ketiganya sama-sama hebat dan pastinya sangat bermanfaat bagi siapa saja tim pemiliknya. Jika Upamecano jadi datang, misalkan pada musim panas nanti, Liverpool wajib mempertimbangkan situasi Van Dijk dan Gomez.

Dua pemain ini, meski nantinya akan pulih dari cedera, tapi pasti akan membutuhkan waktu untuk kembali seperti sediakala. Perkembangan mereka bisa jadi salah satu pertimbangan apakah perlu merekrut Upamecano atau tidak.

Bicara soal kabar sang pemain saat ini, Dayot Upamecano terlihat semakin laris saja di bursa transfer pemain. Ia kabarnya diminati klub-klub besar seperti Manchester United, Chelsea, dan Bayern Munchen.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%