Bola Internasional

Jose Fonte: Mentor Bek Tengah Idaman Tim Papan Atas Inggris

Jumat, 15 Januari 2021 11:07 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Sylvain Lefevre/Getty Images
Jose Fonte, pemain Lille OSC yang jadi mentor bek tengah idaman tim papan atas Inggris seperti Liverpool, Arsenal, dan Tottenham Hotspur. Copyright: © Sylvain Lefevre/Getty Images
Jose Fonte, pemain Lille OSC yang jadi mentor bek tengah idaman tim papan atas Inggris seperti Liverpool, Arsenal, dan Tottenham Hotspur.

INDOSPORT.COM – Tak banyak yang mengenal nama bek kawakan milik Lille, Jose Fonte. Namun, dari sosoknya lah lahir bek-bek tangguh yang jadi idaman tim papan atas Inggris.

Bursa transfer Januari 2021 telah dibuka sejak beberapa waktu lalu. Banyak yang mulai mencari nama-nama baru untuk memperkuat skuat di sisa musim 2020/21.

Salah satu yang kerap diperbincangkan adalah keinginan Liverpool mendatangkan bek tengah anyar. Hal ini tak lepas dari badai cedera yang menimpa para penggawanya di lini belakang.

Virgil van Dijk dan Joe Gomez harus menepi beberapa bulan akibat cedera. Alhasil Liverpool pun terpaksa mengandalkan Fabinho yang notabene gelandang bertahan untuk menjadi bek ataupun para pemain akademi.

Badai cedera ini membuat Liverpool dikaitkan dengan bek-bek tangguh dari tim Eropa lainnya. Namun yang paling santer diberitakan adalah ketertarikan The Reds terhadap sosok Sven Botman.

Sven Botman merupakan palang pintu Lille. Bek berusia 21 tahun ini menjadi salah satu bek yang paling diperbincangkan karena penampilan apiknya di musim ini.

Kehadirannya sendiri di lini belakang Lille mampu menutupi lubang yang ditinggalkan Gabriel Magalhaes yang pada musim panas 2020 lalu saat hijrah ke Arsenal.

Tak ayal kemampuan Sven Botman membuat banyak pihak bertanya-tanya. Bagaimana bisa Lille mendapat bek tangguh sekelasnya selepas kehilangan Gabriel Magalhaes?

Terlepas dari peran pencari bakat Lille yang jeli melihat talenta apik, ada pula peran Jose Fonte yang seakan menjadi mentor bagi bek-bek muda.

Siapa sangka, setiap bek yang menjadi pasangan Jose Fonte, selalu menjadi incaran atau idaman para tim-tim papan atas Liga Inggris. Berikut daftar bek yang dimentor olehnya sehingga diincar dan direkrut tim-tim papan atas.