In-depth

Mengenal Sven Botman, Kompatriot Virgil van Dijk yang Segera Jadi Bek Baru Liverpool

Sabtu, 2 Januari 2021 17:10 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Alexandre Dimou/Icon Sport via Getty Images
Liverpool tinggal selangkah lagi mendatangkan bek tengah baru. Sosok yang dimaksud adalah rekan senegara Virgil van Dijk, Sven Botman, yang kini membela Lille. Copyright: © Alexandre Dimou/Icon Sport via Getty Images
Liverpool tinggal selangkah lagi mendatangkan bek tengah baru. Sosok yang dimaksud adalah rekan senegara Virgil van Dijk, Sven Botman, yang kini membela Lille.

INDOSPORT.COMLiverpool tinggal selangkah lagi mendatangkan bek tengah baru. Sosok yang dimaksud adalah rekan senegara Virgil van Dijk, Sven Botman, yang kini membela Lille.

Sukses mengakhiri puasa gelar juara Liga Inggris pada musim lalu, Liverpool berhasil mempertahankan takhta hingga akhir tahun 2020. Di pekan ke-16, anak asuh Jurgen Klopp ini bertengger di puncak klasemen, meski per Sabtu (02/01/21) jumlah poin mereka disamai Manchester United.

Datangnya bulan Januari 2021 pun disambut gembira oleh The Reds karena menandai dibukanya bursa transfer musim dingin. Pasalnya, Liverpool kini berpeluang mengatasi krisis cedera khususnya di sektor bek tengah.

Seperti diketahui, The Reds kehilangan Virgil van Dijk dan Joe Gomez yang absen lama karena cedera parah. Situasi semakin parah karena Joel Matip ikut cedera dan harus absen 3 pekan ke depan, sehinga hanya menyisakan Nath Phillips dan Rhys Williams, serta gelandang Fabinho yang dialihfungsikan.

Sempat dikaitkan dengan pemain seperti Dayot Upamecano, Diego Carlos, hingga Ben White, The Reds tinggal selangkah lagi mendapatkan bek tengah baru. Menurut jurnalis Duncan Castles, alih-alih nama-nama di atas, sosok yang akan segera merapat ke Anfield adalah bek muda Lille, Sven Botman.

“Sepemahaman saya, Lille akan bersedia menjual sang pemain (Sven Botman) mungkin dengan nominal dua kali lipat dibandingkan yang mereka keluarkan saat membelinya dari Ajax di musim panas lalu,” ujar Castles.

“Informasi yang saya terima, mereka juga telah menghubungi agen Botman. Sang agen menyukai pembicaran tersebut dan meyakini ada kemungkinan kuat Liverpool akan segera mengajukan tawaran.”

Didikan Ajax dan Baru Enam Bulan Bermain di Ligue 1 Prancis

Munculnya nama Sven Botman sebagai kandidat terkuat bek tengah baru Liverpool terbilang mengejutkan. Pasalnya, rekan senegara Virgil van Dijk ini belum memiliki pengalaman panjang dan baru memasuki musim kedua di tingkat senior.

Botman mengawali kariernya bersama raksasa Eredivisie Belanda, Ajax Amsterdam. Bermain untuk tim U-17 hingga U-21, pemain kelahiran 12 Januari 2000 ini dipinjamkan ke Heerenveen sepanjang musim 2019/2020 lalu.

Ia pun langsung menjadi andalan di Heerenveen dan selalu tampil dalam 26 laga yang dijalani tim tersebut di Eredivisie musim lalu, sebelum kompetisi dihentikan di tengah jalan.

Penampilannya bersama Heerenveen pun menarik perhatian klub Ligue 1 Prancis, Lille. Akibatnya, musim panas lalu ia meninggalkan Ajax tanpa pernah sekalipun tampil di tingkat senior, dan hijrah ke Lille dengan banderol hanya 7 juta pounds (Rp136 miliar) dan dikontrak 5 tahun.

Bersama Lille, Sven Botman kembali menjadi andalan. Dari 23 pertandingan yang telah dijalani Lille di semua kompetisi musim ini, ia selalu tampil dengan 21 kali di antaranya bermain penuh 90 menit.

Botman pun menjelma menjadi bek tangguh, khususnya dalam duel satu lawan satu. Catatan Opta menunjukkan ia menjadi yang terbaik di 5 liga top Eropa dalam hal kemenangan di duel satu lawan satu (73,4%), di jajaran bek yang telah melakukan sedikitnya 100 duel.

Ketangguhannya membuat Lille kini bertengger di peringkat 2 klasemen sementara Ligue 1 Prancis, dengan koleksi poin yang sama dengan Lyon yang ada di puncak dan unggul 1 poin dari PSG di tempat ketiga. Lille juga menjadi tim dengan pertahanan terbaik kedua di Ligue 1 musim ini (12 kali kebobolan).

Kegemilangan di Prancis membuahkan panggilan ke timnas Belanda pada November lalu, meski pada akhirnya Botman tidak mendapat kesempatan menjalani debut.

Keberadaan rekan senegaranya yakni Virgil van Dijk dan Giorginio Wijnaldum pun diyakini akan memudahkan adaptasi Botman. Apalagi, ia sempat berlatih bersama Wijnaldum di timnas pada November lalu.

Jika kepindahan Sven Botman ke Liverpool terwujud, bukan tidak mungkin ia akan membentuk duet Belanda bersama van Dijk untuk beberapa tahun ke depan, mengingat kondisi Gomez dan Matip yang terbilang rentan cedera.