Bola Internasional

Profil Pemain Garuda Select 3: Muhammad Faqih Maulana Jadi Bek Serba Bisa

Sabtu, 16 Januari 2021 12:41 WIB
Penulis: Martini | Editor: Pipit Puspita Rini
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berikut adalah profil pemain Garuda Select 3 yang langsung menjadi andalan pelatih di Inggris. Pemain ini berposisi sebagai bek serba bisa, yakni Muhammad Faqih Maulana.

Legenda klub Chelsea sekaligus direktur program Garuda Select, Dennis Wise, memuji dua pemain bertahan, Faqih Maulana dan Ibnul Mubarak, dalam laga uji coba perdana melawan Port Vale U-18, Desember lalu.

"Ibnul dan Faqih, saya sangat senang dengan penampilan mereka. Mereka bisa membaca permainan dan sangat kompak, mereka menerapkan hasil latihan dengan baik, penampilan mereka berdua sangat memukau," sebut Dennis.

Setelah sebelumnya INDOSPORT mengulas profil Ibnul Mubarak, kali ini giliran Faqih Maulana yang patut diperkenalkan kepada publik penggemar sepak bola nasional.

Muhammad Faqih Maulana merupakan pesepak bola jebolan Bhayangkara FC U-16. Pemain kelahiran 11 November 2004 itu membawa Young Guardian menjadi runner up Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2019 lalu.

Sebelumnya, Faqih Maulana juga membela Tajimalela FA di Liga TopSkor. Ia bahkan meraih titel best player meski berposisi sebagai bek tengah, prestasi yang cukup langka untuk seorang pemain usia muda.

Faqih Maulana juga sempat menimba ilmu sepak bola di Petros Stream, Maisa Bekasi, dan Gelora Putra. Meski lebih dikenal sebagai seorang bek tengah, namun Faqih juga piawai jika dimainkan sebagai bek kiri.

Berkat kemampuannya yang bisa bermain multi posisi, Faqih Maulana beberapa kali dipanggil dalam pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-16, dalam persiapan menghadapi Piala Asia U-16 2020 lalu.

Faqih Maulana bersama 20 pemain Garuda Select asal Indonesia akan menjalani latihan intensif serta uji coba dengan berbagai klub sepak bola Eropa, hingga Mei 2021 nanti, di bawah arahan Dennis Wise dan Des Walker.