Liga Indonesia

Mengenal Ade Chandra, Sosok Kitman di Timnas Indonesia U-23

Minggu, 17 Januari 2021 15:24 WIB
Editor: Herry Ibrahim
© PSSI
Kitman Timnas U-23, Ade Chandra. Copyright: © PSSI
Kitman Timnas U-23, Ade Chandra.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 tengah dipersiapkan untuk mengikuti ajang SEA Games 2021 di Vietnam. Sebelumnya PSSI telah mengumpulkan sebanyak 36 pemain untuk mengikuti TC di Lapangan G Senayan, Jakarta, dari tanggal 20 hingga 31 Desember lalu.

Ada satu hal yang menarik dari pihak ofisial tim. Adalah Ade Chandra, sosok kitman yang dipercaya oleh pihak PSSI untuk bertugas membantu segala kebutuhan Timnas U-23.

Kepada INDOSPORT, Ade yang di SEA Games 2019 Filipina lalu bertugas untuk Timnas Putri Indonesia ini menceritakan awal diminta untuk bertugas di Timnas U-23. Ia senang dan tidak menyangka mendapat tugas mulia ini.

"Ya perasaan senang dan tidak menyangka ketika ada panggilan untuk Timnas U-23. Karena sebelumnya sejak 2017 selalu di Timnas Putri," kata Ade.

Ade pun menjelaskan perbedaan bertugas di Timnas Putri dengan Timnas U-23. Menurutnya tidak ada perbedaaan yang signifikan, hanya saja harus menyesuaikan kondisi dan karakter tim pelatih dan pemain.

"Untuk perbedaan, sebenarnya tidak jauh berbeda. Harus bisa menyesuaikan kondisi dan karakter tim pelatih dan pemain. Yang berbeda hanyalah soal gender, yakni putra dan putri."

© PSSI
Kitman Timnas U-23, Ade Chandra. Copyright: PSSIKitman Timnas U-23, Ade Chandra.

"Tugas kitman harus bisa paham dengan karakter pemain. Tapi yang penting, apapun timnya, tugas dari seorang kitman harus bisa memberikan dan melayani yang terbaik untuk kebutuhan tim selama 24 jam," tambahnya.

Ade juga memiliki harapan besar bersama Timnas U-23 nantinya. Pria yang lama berada di lingkungan PSSI ini berharap bisa ikut ambil bagian dari sejarah, yakni bisa meraih medali emas SEA Games 2021 bersama Timnas U-23.

"Dengan persiapan yang panjang dan target emas, saya berharap bisa merasakan gelar juara, yang selama sejak 2016 di Timnas belum merasakan gelar apapun disaat menjadi kitman," tutupnya.

Terakhir ia bercerita suka duka selama menjadi kitman Timnas. Selain bertugas, Ia mengaku bisa ikut atmosfir stadion ketika bertanding. Terkadang ia juga begitu sedih jika ada pencoretan pemain, dimana Ade memiliki keuntungan tiap berada di Timnas, bisa sangat dekat dengan semua pemain bintang.   

Sampai saat ini Ade belum ada infomasi kapan Timnas U-23 akan kembali menggelar TC. Namun yang pasti, kapanpun akan dilakukan TC, Ade selalu siap.    

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%