Liga Indonesia

Garuda Select Gelar Fat Test, Pelatih Inggris Puji Bek Persela Lamongan

Sabtu, 23 Januari 2021 12:09 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© PSSI
Skuat Garuda Select 3 menjalani fat test yang digelar oleh pelatih fisik asal Inggris, Jake Fitzsimmons. Copyright: © PSSI
Skuat Garuda Select 3 menjalani fat test yang digelar oleh pelatih fisik asal Inggris, Jake Fitzsimmons.

INDOSPORT.COM - Skuat Garuda Select 3 menjalani fat test yang digelar oleh pelatih fisik asal Inggris, Jake Fitzsimmons. Hasilnya, bek andalan Persela Lamongan U-16 paling prima di antara pemain lainnya.

Perkembangan fisik skuad Garuda Select dipantau secara rutin oleh tim pelatih, agar para pemain memiliki persentase lemak tubuh rendah, dan massa otot yang sesuai untuk bisa berkembang secara maksimal.

Jake Fitzsimmons menjelaskan bahwa data yang didapatkan dari latihan di lapangan dan gym akan sangat penting untuk menentukan langkah selanjutnya bagi para pemain.

"Kami mencatat perhitungan tinggi dan berat badan sepanjang musim. Kami ingin semua pemain memiliki persentase lemak tubuh serendah mungkin dan kondisi tubuh sebaik mungkin," ujar Fitzsimmons via Mola TV.

Secara keseluruhan, kondisi pemain sudah jauh lebih baik ketimbang pertama kali tiba di Inggris, hampir dua bulan lalu. Beberapa pemain mampu mengurangi lemak tubuh sekaligus meningkatkan massa ototnya.

"Dustin (Pratama) berhasil mengurangi lemak tubuhnya sebesar 1,5 persen dan menambah massa ototnya sebanyak 4 kilogram," ungkap Jake Fitzsimmons.

Dustin Pratama Bramantio adalah pemain andalan Persela Lamongan U-16 di EPA Liga 1 U-16 2019 lalu. Berperan sebagai bek, Dustin dikenal sebagai tembok yang kokoh dan mampu membaca permainan lawan.

Selain memuji Dustin Pratama, Fitzsimmons juga mengapresiasi kerja keras dua pemain Garuda Select lainnya, Edgard Amping dan Rendy Sanjaya, yang bisa menjaga kondisi fisik mereka tetap prima di tengah karantina.

"Edgard (Amping) dan Rendy (Sanjaya) mampu menjaga lemak tubuh mereka di level yang sangat baik, serta meningkatkan massa otot mereka sebesar 2-2,5 kilogram," tambah pelatih fisik asal Inggris tersebut.

"Ada beberapa pemain yang lemak tubuhnya sudah menurun, ada juga yang menambah berat badan karena sebelumnya mereka terlalu kurus. Mereka membutuhkannya untuk menambah massa otot," tuntasnya.

Sebanyak 21 pemain Garuda Select tengah mengikuti pemusatan latihan secara intensif yang rencananya berlangsung di Inggris dan berbagai negara Eropa, hingga Mei 2021 nanti, bersama Dennis Wise dan Des Walker.