Liga Italia

4 Duel Menarik dan Bersejarah Inter Milan vs AC Milan di Coppa Italia

Selasa, 26 Januari 2021 16:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Inter Milan dan AC Milan bakal bertemu dalam duel sengit perempat final Coppa Italia, Rabu (27/1/21) dini hari WIB. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Inter Milan dan AC Milan bakal bertemu dalam duel sengit perempat final Coppa Italia, Rabu (27/1/21) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM - Inter Milan dan AC Milan bakal bertemu dalam duel sengit perempat final Coppa Italia, Rabu (27/1/21) dini hari WIB.

Pertemuan kedua klub ini, meski bukan di level liga, tetap membawa tensi panas tersendiri mengingat catatan sejarah mereka sejak bertahun-tahun silam. Apalagi, keduanya untuk saat ini tengah menguasai sepak bola Italia.

Sampai tulisan ini dibuat, Nerazzurri berada di peringkat dua klasemen sementara Serie A Italia dengan raihan 41 poin, sedangkan Rossoneri bertengger di puncak dengan 43 poin. Jumlah pertandingan yang telah mereka lalui pun sama, 19.

Sebelum berjumpa di Coppa Italia, baik Inter maupun AC Milan sama-sama berangkat dari hasil kurang memuaskan di ajang liga, di mana Nerazzurri hanya bisa bermain imbang lawan Udinese, sedangkan Rossoneri dipermalukan Atalanta.

Sama-sama tengah terluka, Coppa Italia pun cocok dijadikan ajang pembuktian siapa yang lebih unggul di derbi yang telah berlangsung sejak 1909. Satu di antara mereka nantinya akan menghadapi Juventus atau SPAL di fase semifinal.

Terakhir kali Inter Milan dan AC Milan bertemu di ajang Coppa Italia adalah edisi 2017, ketika Rossoneri tampil sebagai pemenang setelah melewati babak perpanjangan waktu. Lalu, bagaimana dengan gelaran tahun ini?

Nah, sebagai pemanasan, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT telah merangkum sejumlah pertemuan Inter Milan dan AC Milan di ajang Coppa Italia paling menarik yang pernah terjadi sepanjang sejarah.

1977

Mungkin laga Derby della Madonnina yang paling klasik dan berkesan dan dikenang oleh publik sepak bola dunia. Saat itu, kedua tim bertemu di partai final yang pada akhirnya dimenangkan oleh AC Milan dengan skor 2-0.

Dua gol kemenangan Rossoneri kala itu diciptakan oleh Aldo Maldera dan Giorgio Braglia. Terlepas dari statistik dan urusan teknis, pertemuan ini juga mengandung nilai sejarah yang luar biasa bagi kedua tim.

Pasalnya, ini adalah pertandingan terakhir Nereo Rocco sebagai pelatih AC Milan, begitu pula Sandro Mazzola sebagai pemain Inter Milan.

1980

Selanjutnya, Inter Milan dan AC Milan kembali bertemu di Coppa Italia pada gelaran 1980-1981, namun kali ini kemenangan adalah milik Nerazzurri. Tipis saja, mereka menang dengan skor 1-0.

Adalah Alessandro Altobelli yang menjadi pahlawan timnya di pertandingan tersebut. Pertemuan pada masa ini bisa dibilang cukup jarang terjadi, lantaran AC Milan pada waktu itu sedang bermain di Serie B.

Jadi, bentrokan antara Inter Milan dan AC Milan pada musim ini hanya terjadi di ajang Coppa Italia saja.

2000

Merupakan ajang balas dengan Inter Milan usai didepak AC Milan dari Coppa Italia pada 1998. Nerazzurri menekuk musuh bebuyutannya itu di fase perempat final lewat pertandingan dua leg pada musim 1999-2000.

Di leg pertama, mereka menang dengan skor 3-2 berkat sumbangan gol dari Adrian Mutu, Christian Vieri, dan Clarence Seedorf. Setelah itu, leg kedua berakhir dengan kedudukan imbang 1-1, di mana Roberto Baggio memastikan Nerazzurri lolos ke semifinal.

Inter Milan berhasil melewati hadangan Cagliari di semifinal, namun harus keok di tangan Lazio saat partai puncak.

2017

Yang teranyar, Inter Milan dan AC Milan kembali bertemu di perempatfinal Coppa Italia pada musim 2017-2018. Rossoneri menang tipis dengan skor 1-0 lewat Patrick Cutrone saat masa perpanjangan waktu.

Melaju ke fase semifinal, AC Milan bertemu Lazio dan melangkah ke final. Sayangnya, mereka dihajar Juventus di partai puncak dengan skor telak 0-4.