Liga Italia

Berkat Ibrahimovic, Rekor Suci Derby della Madonnina Selama 7 Tahun Terhenti

Rabu, 27 Januari 2021 17:32 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Claudio Villa - Inter/Inter via Getty Images
Romelu Lukaku dari FC Internazionale bentrok dengan Zlatan Ibrahimovic dari AC Milan di Coppa Italia. Copyright: © Claudio Villa - Inter/Inter via Getty Images
Romelu Lukaku dari FC Internazionale bentrok dengan Zlatan Ibrahimovic dari AC Milan di Coppa Italia.

INDOSPORT.COM – Berkat aksi Zlatan Ibrahimovic di perempat final Coppa Italia hari Rabu (27/01/21) dini hari WIB tadi, rekor 7 tahun Derby della Madonnina tanpa kartu merah akhirnya terhenti.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Giuseppe Meazza tersebut, Inter Milan berhasil lakukan come back dan mengalahkan sang rival, AC Milan, untuk memastikan langkah ke babak semifinal Coppa Italia.

Turun dengan skuad terbaiknya, Inter Milan sempat lebih dulu tertinggal oleh gol Zlatan Ibrahimovic pada menit ke-31’ Skor 0-1 bahkan bertahan hingga babak pertama berakhir.

Selepas jeda, Inter Milan menaikkan tempo permainan untuk mencari gol penyama kedudukan. Hal tersebut membuat tensi laga jadi makin panas, serta menghadirkan beberapa insiden.

Puncaknya, Zlatan Ibrahimovic yang sudah mendapat kartu kuning di babak pertama, harus keluar lapangan lebih cepat usai menerima kartu kuning kedua setelah lakukan pelanggaran kepada Kolarov pada menit ke-58’.

Bermain dengan 10 pemain, AC Milan pun terlihat kesulitan menahan gempuran serta serangan punggawa-punggawa Inter Milan. Secara silih berganti, Romelu Lukaku dan Alexis Sanchez yang jadi tandem lini depan La Beneamata mampu mengurung pertahanan Rossoneri.

Terus mendapat tekanan, akhirnya gawang AC Milan yang dikawal Ciprian Tătărușanu berhasil dijebol lewat penalti Romelu Lukaku menit 71’ dan tendangan bebas Christian Eriksen pada menit 90+7’.

Laga pun berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk Inter Milan. Dengan hasil ini, skuad arahan Antonio Conte tersebut berhasil melangkah ke semifinal Coppa Italia dan akan menanti pemenang antara Juventus vs SPAL.

Selepas pertandingan sengit bertajuk Derby della Madonnina antara Inter Milan vs AC Milan semalam, terdapat beberapa fakta menarik yang berhasil tercipta serta beberapa catatan unik yang terpecahkan.

Salah satunya adalah lesakkan satu gol Romelu Lukaku, yang memuatnya masuk dalam daftar pemain liga top Eropa (selain Robert Lewandowski dan Mikel Oyarzabal) yang belum pernah gagal mengeksekusi penalti sejak awal musim 19/20.

Tak cuma itu, catatan menarik juga ditorehkan sang penyerang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic dalam laga Derby della Madonnina semalam.

Bukan soal gol, melainkan rekor kartu merah pemain di partai Inter Milan vs AC Milan yang akhirnya kembali terjadi sejak tujuh tahun terakhir.

Dilansir dari laman Transfermarkt, diketahui bahwa terakhir kali wasit mengeluarkan kartu merah untuk pemain di partai Derby della Madonnina terjadi pada laga pekan ke-17 Liga Italia musim 13/14.

Dalam pertandingan tersebut, gelandang AC Milan yakni Sulley Muntari mendapat hukuman kartu merah langsung di menit ke-90’. Di laga itu sendiri, Inter Milan sukses raih kemenangan lewat gol semata wayang Rodrigo Palacio di menit 86’.

Minimnya kartu merah di partai sepanas Derby della Madonnina sendiri terbilang cukup langka. Dengan tensi serta adu gengsi dua klub sekota, tak jarak para pemain tersulut emosi hingga lakukan pelanggaran keras.

Bahkan pada musim 2009/10 hingga 2010/11, selalu ada kartu merah yang keluar dalam empat pertandingan kandang dan tandang antara Inter Milan vs AC Milan di Liga Italia.

Dengan kembali keluarnya kartu merah di Derby della Madonnina semalam, akankah persaingan dua klub kota Milan ini bakal memanas lagi seperti di era catenaccio atau The Magnificent Seven Serie? Menarik dinantikan.