In-depth

Bedah Kualitas Gianluca Scamacca, Mesin Gol Timnas Italia Buruan Utama Juventus

Kamis, 28 Januari 2021 19:02 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Instagram.com/iamscamacca/
Bedah kualitas Gianluca Scamacca, bomber pinjaman Genoa yang tengah jadi buruan utama Juventus di bursa transfer musim dingin 2021. Copyright: © Instagram.com/iamscamacca/
Bedah kualitas Gianluca Scamacca, bomber pinjaman Genoa yang tengah jadi buruan utama Juventus di bursa transfer musim dingin 2021.

INDOSPORT.COM - Bedah kualitas Gianluca Scamacca, bomber pinjaman Genoa yang tengah jadi buruan utama Juventus di bursa transfer musim dingin 2021. 

Klub raksasa Liga Italia, Juventus, kabarnya tengah berencana untuk mendatangkan striker muda milik klub Sassuolo, Gianluca Scamacca. Seperti diwartakan La Gazzetta dello Sport, Bianconeri telah mengajukan penawaran kepada Sassuolo senilai 22 juta euro atau setara Rp375 miliar. 

Juventus saat ini tengah membutuhkan penyerang tambahan sebagai bekal untuk mengarungi padatnya sisa musim. Saat ini skuad asuhan Andrea Pirlo masih berkompetisi di Serie A, Coppa Italia, dan Liga Champions. 

Di tiga kompetisi itu, Juvenuts difavoritkan menjadi juara. Untuk itu, sebagai langkah konkret, manajemen Si Nyonya Tua berencana mendatangkan wonderkid Sassuolo, Gianluca Scamacca. 

Scamacca sendiri saat ini tengah dipinjamkan ke Genoa oleh Sassuolo. Masa pinjamannya bisa berakhir lebih cepat andai Juventus jadi meminangnya di musim dingin ini. 

Meski Sassuolo meminta 3 juta euro lebih banyak, kedua klub dikabarkan tinggal selangkah lagi mencapai kesepakatan. Jika tercapai, maka Scamacca bisa berseragam Bianconeri di putaran kedua ini. 

Melihat antusiasme yang tinggi dari Juventus, sebetulnya siapa sosok Giancluca Scamacca? Seperti apa kehebatannya sehingga layak untuk membela tim sebesar Juventus?

Bedah Kualtias Gianluca Scamacca

Gianluca Scamacca merupakan pemain muda Timnas Italia yang baru bergabung dengan tim utama Sassuolo dari Ascoli pada awal musim ini. Namun, belum sempat merasakan debut, Scamacca dipinjamkan ke klub Serie A lainnya, Genoa, pada bursa transfer musim panas. 

Di usia 22 tahun, Scamacca terbilang cukup menonjol. Saat ini ia menjadi andalan di skuad Il Grifone dengan menempati posisi striker. Tercatat, enam gol sudah dicetaknya dari 16 laga di semua kompetisi. 

Meski jumlah itu terbilang biasa-biasa saja, namun Scamacca tetap dinilai memiliki potensi besar. Scamacca merupakan pahlawan Genoa di Coppa Italia musim ini saat ia mencetak empat gol dari dua pertandingan beruntun. 

Harap dicatat, saat ini Scamacca bermain di klub Genoa yang memiliki materi pemain di bawah rata-rata. Jika bergabung dengan Juventus, diharapkan Scamacca dapat mengeluarkan potensi terbaiknya. 

Jika melihat data transfermarkt, Gianluca Scamacca memiliki posisi asli sebagai striker tengah. Itu artinya, ia akan jadi tandem atau pun pelapis dari Alvaro Morata. 

Meski begitu, dirinya memiliki kelebihan untuk bermain di posisi lainnya. Tercatat ada dua posisi lain yang juga sering ia perankan, yakni penyerang sayap kiri dan second striker. 

Musim ini ia tampil 13 kali sebagai striker tengah dengan catatan enam gol. Sementara sebagai second striker, ia tercatat bermain sebanyak dua kali tanpa torehan gol. 

Mesin Gol Timnas Italia

Meski catatannya musim ini kurang mencolok, namun di umur yang lebih muda, Scamacca tercatat mampu menjadi mesin gol andalan. Ketika memperkuat klub Serie B, Ascoli, ia sanggup mencetak 13 gol dari 35 laga. 

Jumlah tak kalah banyak ia torehkan saat tim Sassuolo Primavera di mana ia membuat 10 gol dalam semusim. Menariknya, di awal karier, ia juga sempat menimba ilmu ke Liga Belanda. 

Scamacca tercatat pernah memperkuat PSV Eindhoven U-19 - U-21 dan juga PEC Zwolle U-21. Meski jumlah golnya tak banyak, namun penyerang kelahiran Roma ini sanggup mencetak gol. 

© Transfermarkt
Bidikan AC Milan, Gianluca Scamacca. Copyright: TransfermarktBidikan AC Milan, Gianluca Scamacca.

Dari sejumlah rekam jejak dimilikinya, mungkin catatan di Timnas Italialah yang paling terbaik. Gianluca Scamacca merupakan mesin gol Gli Azzurri di level junior. Scamacca tak pernah absen mencetak gol di semua kelompok umur mulai dari U-15 sampai U-21.

Di Timnas U-17 ia telah menorehkan 6 gol. Sementara di Timnas U-19 ia mencetak 8 gol dari 11 laga saja. Catatan itu dipertahankan kala ia memperkuat tim U-20 dan U-21 di mana ia total menorehkan 13 gol dari 24 pertandingan. Jika ditotal, Scamacca telah menorehkan 35 gol di tim Azzurrini.

Kontribusi besarnya di Timnas Italialah yang membuat pemuda 22 tahun ini jadi incaran sejumlah klub Liga Italia. Juventus pun menjadi salah satu yang ngebet merekrutnya. 

Untuk harga 22 juta euro di bursa transfer, Juventus bisa dibilang sangat beruntung bisa memiliki calon bomber masa depan Italia itu. Jika dapat mengasah kemampuannya dengan baik, bukan tak mungkin Gianluca Scamacca bakal menjadi The Next Alessandro Del Piero di tim Juventus. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
25%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%