Liga Indonesia

Rafli Asrul di 2020: Tembus Skuat Senior PSM dan 2 Kali Ikut Garuda Select

Jumat, 5 Februari 2021 18:32 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Herry Ibrahim
© PSM Makassar
Jebolan akademi klub Liga 1 PSM Makassar yang saat ini mengikuti program Garuda Select III, Muhammad Rafli Asrul. Copyright: © PSM Makassar
Jebolan akademi klub Liga 1 PSM Makassar yang saat ini mengikuti program Garuda Select III, Muhammad Rafli Asrul.

INDOSPORT.COM - Mari mengenal sosok Muhammad Rafli Asrul lebih dekat, jebolan akademi klub Liga 1 PSM Makassar yang saat ini mengikuti program Garuda Select III.

Dunia sepakbola Indonesia mengalami mati suri nyaris disepanjang tahun 2020 kemarin setelah Liga 1 dan Liga 2 terhenti di tengah jalan akibat invasi pandemi Covid-19.

Lebih parahnya lagi, kompetisi kelompok umur Elite Pro Academy (EPA) yang menjadi cikal bakal kemunculan Rafli Asrul, sama sekali tidak dijalankan oleh PSSI.

Padahal, anak muda asal Kabupaten Enrekang ini tengah bersiap mengikuti EPA U-18 bersama PSM Makassar sekembalinya dari Inggris dan Italia bersama Garuda Select II.

Ya, Rafli Asrul dipanggil mengikuti program Garuda Select angkatan kedua setelah menyabet gelar top skorer EPA U-16 2019 dengan torehan 14 gol dari 21 kali mentas.

Performa impresifnya berlanjut selama menimba ilmu di Inggris dan Italia. Dari 10 laga uji coba melawan klub setempat, ia mengoleksi 9 gol dan 9 assist (top assist).

Di saat EPA 2020 mandek, Rafli Asrul malah berhasil promosi ke skuat senior PSM Makassar ketika Liga 1 2020 hendak dilanjutkan pada Oktober tahun lalu.

Impiannya membela Pasukan Ramang di level tertinggi sepakbola Indonesia pun mendekati kenyataan. Sayang, PSSI urung mendapat izin untuk melanjutkan Liga 1 2020.

Tentu, pesepakbola yang berposisi gelandang serang ini kecewa. Namun, tak berlangsung lama sebab dirinya dipanggil mengikuti seleksi Garuda Select III.

Bersama sahabatnya, Edgard Amping, Rafli lolos penjaringan dan untuk kali kedua mengikuti program Garuda Select. Pada angkatan ketiga, mereka berstatus pemain senior.

"Saat dihubungi bahwa kembali terpilih, saya sedang mengisi waktu dengan ikut latihan bersama skuat senior PSM di Yogyakarta," kata Rafli dikutip dari laman Garuda Select.

Kembali mendapat kepercayaan dari pelatih Garuda Select, Dennis Wise dan Des Walker, pesepakbola kelahiran 19 Februari 2003 ini memiliki tekad yang sangat besar.

"Saya sangat bangga bisa kembali mengikuti program Garuda Select. Saya harus memanfaatkan kesempatan kedua ini untuk memperbaiki semua kekurangan," tuturnya.

Demikianlah uraian perjalanan Rafli Asrul yang berhasil menembus skuat senior PSM Makassar dan dua kali mengikuti program Garuda Select disepanjang tahun 2020.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%