Liga Inggris

3 Pemain yang Bisa Diboyong Liverpool agar Juara Liga Inggris Lagi

Rabu, 10 Februari 2021 23:00 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Robbie Jay Barratt - AMA/WBA FC via Getty Images
Jurgen Klopp dan Liverpool mungkin bisa menambah amunisi lagi di bursa transfer musim panas. Copyright: © Robbie Jay Barratt - AMA/WBA FC via Getty Images
Jurgen Klopp dan Liverpool mungkin bisa menambah amunisi lagi di bursa transfer musim panas.

INDOSPORT.COM - Gelar juara Liga Inggris musim lalu yang dipegang Liverpool kini jadi pertaruhan setelah klub asal Merseyside tersebut tampil inkonsisten belakangan ini.

Sampai tulisan ini dibuat, Liverpool sedikit terdampar di klasemen sementara musim ini dengan raihan 40 poin dari 23 pertandingan. Posisi mereka di empat besar pun terancam oleh Chelsea dan West Ham United.

Penampilan skuat asuhan Jurgen Klopp dalam beberapa waktu terakhir memang tengah menjadi perbincangan hangat. Setelah imbang melawan Manchester United pada pertengahan Januari lalu, mereka justru tidak tampil konsisten.

Sukses menghantam Tottenham Hotspur dan West Ham United, Liverpool mencatatkan hasil memalukan saat melawan papan bawah Burnley, ditambah dua kali kekalahan lagi kontra Brighton dan Manchester City.

Saat melawan Manchester City, Liverpool seolah tampil tanpa gigi karena dibantai dengan skor yang cukup lumayan, 1-4. Hanya Mohamed Salah pencipta gol di laga tersebut, itu pun lewat titik penalti.

Mempertahankan penampilan setelah menjadi juara liga jelas sebuah tugas yang berat. Tidak banyak klub yang berhasil menyelesaikan misi ini dengan sempurna dalam beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan catatan sepuluh musim terakhir, hanya ada satu klub yang berhasil mempertahankan gelarnya yakni Manchester City pada 2017-2018 dan 2018-2019. Selebihnya, para peserta Liga Inggris secara bergantian menjadi juara.

Dengan 40 poin, posisi Liverpool saat ini bisa dibilang lebih dekat ke peringkat sepuluh yang dihuni oleh Leeds United (32 poin), ketimbang sang pemuncak, Manchester City (50 poin). Di sinilah tantangan berat itu dimulai.

Belum lama ini, The Reds memang baru mendapat cobaan cukup berat yakni kehilang sejumlah pemain andalannya karena cedera. Yang paling terasa dampaknya adalah lini belakang yang ditinggal Virgil van Dijk, Joel Matip, dan Joe Gomez.

Klub memang sudah melakukan pergerakan yang lumayan di bursa transfer Januari ini dengan mendatangkan tambahan amunisi, yakni Ozan Kabak dan Ben Davies. Akan tetapi, apakah cukup? Banyak yang bilang Liverpool harus belanja lagi.

Ketika gelar Liga Inggris musim ini masih di awang-awang, Liverpool dan Jurgen Klopp mungkin bisa mendatangkan beberapa pemain untuk menambah kekuatan mereka menantang gelar musim depan dengan lebih solid dan ganas.

Menurut Jamie Carragher, Liverpool membutuhkan tambahan pemain yang berposisi sebagai bek tengah, kemudian satu untuk menggantikan Gini Wijnaldum, dan yang satunya lagi untuk membantu lini depan.

Siapa kira-kira pemain potensial yang sesuai dengan saran Jamie Carragher tersebut?