In-depth

Pembuktian Joao Cancelo di Man City: Melempem di Awal, Meledak Kemudian

Jumat, 12 Februari 2021 16:58 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Joao Cancelo menjadi salah satu pemain yang bersinar sekaligus menjadi kunci kebangkitan Manchester City. Apa yang ia tampilkan seakan menjadi buah dari kesabaran The Citizens pasca memboyongnya dari Juventus.

Joao Cancelo datang ke Inggris pada 2019 silam dari Juventus. Ia diboyong Manchester City dengan mahar fantastis yakni 60 juta poundsterling yang dikurangi transfer Danilo ke Bianconeri.

Kedatangan Cancelo sendiri menambah daftar panjang full-back yang didatangkan Pep Guardiola ke Man City. Bahkan pembeliannya disebut aneh mengingat di posisi bek kanan masih ada nama Kyle Walker.

Namun, pikiran Guardiola mendatangkannya tak lepas dari gaya bermain Cancelo yang dirasa cocok dengan sistem pria asal Spanyol tersebut.

Ha ini diakui Direktur Sepak Bola Manchester City, Txiki Begiristain yang memuji Joao Cancelo sebagai full-back luar biasa dengan potensi besar yang bisa dimanfaatkan Guardiola.

Dengan pujian tersebut, wajar Man City rela merogoh kocek triliunan untuk mendatangkan Cancelo. Akan tetapi, besarnya uang yang dikeluarkan The Citizens tak mampu dibalas bek berusia 26 tahun tersebut di musim perdananya.

Di musim perdananya berseragam Man City, Cancelo hanya tampil sebanyak 33 kali dengan total menit bermain 2356 menit bermain atau menjalani pertandingan penuh hanya sebanyak 26 kali.

Cancelo pun terbilang melempem untuk ukuran full-back di musim perdananya bersama Man City. Hanya satu gol dan satu assist saja ia cetak di musim 2019/20. Itu pun ia ciptakan di ajang Piala FA dan Piala Liga Inggris.

Namun, kesabaran Manchester City dan Pep Guardiola terhadap Joao Cancelo pun berbuah manis di musim keduanya atau 2020/21. Pria asal Portugal ini secara langsung membuktikan mengapa The Citizens rela mengeluarkan triliunan rupiah untuknya.

Joao Cancelo menjadi salah satu kunci permainan Manchester City dalam Set Up permainan Pep Guardiola. Lewatnya lah Build-Up serangan dan kontrol permainan The Citizens berasal.