Liga Inggris

Ada dari Arsenal, 5 Pembelian Gagal Termahal Manchester United

Sabtu, 13 Februari 2021 16:15 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Freedom Online
Berikut ini 5 pembelian gagal termahal Manchester United di bursa transfer. Salah satunya didatangkan dari rival berat di Liga Inggris, Arsenal. Copyright: © Freedom Online
Berikut ini 5 pembelian gagal termahal Manchester United di bursa transfer. Salah satunya didatangkan dari rival berat di Liga Inggris, Arsenal.

INDOSPORT.COM – Berikut ini 5 pembelian gagal termahal Manchester United di bursa transfer. Salah satunya didatangkan dari rival berat di Liga Inggris, Arsenal.

Di dua bursa transfer sepanjang musim 2020/2021 ini, Manchester United terbilang cukup aktif. Di musim panas lalu mereka memboyong sejumlah nama seperti Alex Telles, Donny van de Beek, dan Edinson Cavani. Lalu, di musim dingin mereka meresmikan kedatangan Amad Diallo.

Meski demikian, selain Cavani, nama-nama tersebut masih belum sepenuhnya menjadi andalan. Van de Beek hanya menjadi pilihan kesekian di lini tengah, sedangkan Telles kesulitan menggusur Luke Shaw di sektor bek kiri.

Selepas era Sir Alex Ferguson, Manchester United memang kerap gagal di bursa transfer meski tentunya sang manajer legendaris tak terlepas dari kesalahan tersebut. Namun, sebagian besar kesalahan pembelian memang dilakukan para penerusnya.

Tak jarang, bintang-bintang yang didatangkan dengan dana besar itu gagal memberikan dampak berarti akibat buruknya performa mereka, sehingga pada akhirnya mereka pun dilepas dari Old Trafford.

Berikut ini 5 pembelian gagal termahal Manchester United, dengan satu di antaranya didatangkan dari rival berat Liga Inggris, Arsenal:

5. Juan Sebastian Veron (28 juta pounds)

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESJuan Sebastian Veron

Gemilang di Serie A Italia bersama Parma dan Lazio, Juan Sebastian Veron diboyong Sir Alex Ferguson ke Old Trafford pada Juli 2000 dengan banderol 28 juta pounds yang terbilang mahal pada saat itu. Bintang Argentina ini diharapkan menghadirkan kreativitas di lini tengah Manchester United.

Namun, ia kesulitan beradaptasi dengan permainan di Liga Inggris sehingga akhirnya dilepas ke Chelsea pada 2003. Selama dua musim ia mencatatkan 82 penampilan dan menghadirkan trofi Liga Inggris musim 2002/2003 meski kontribusinya terbilang minim.

4. Henrikh Mkhitaryan (30 juta pounds)

© Matthew Peters/Man Utd via Getty Images
Henrikh Mkhitaryan (Manchester United) Copyright: Matthew Peters/Man Utd via Getty ImagesHenrikh Mkhitaryan  saat masih di Manchester United

Henrikh Mkhitaryan diboyong ke Old Trafford pada musim panas 2016 dengan harga 30 juta pounds usai tampil gemilang bersama Borussia Dortmund. Ia mencetak 41 gol dan 49 assist bagi Dortmund dari 140 laga, dan sempat menjadi pemain terbaik Bundesliga Jerman 2015/2016.

Meski gemilang saat membela MU di Liga Europa, Henrikh Mkhitaryan gagal mereplikasi performanya di Liga Inggris sehingga akhirnya ditepikan Jose Mourinho. Di pertengahan musim kedua ia dibarter ke Arsenal tapi juga gagal tampil baik. Ia kini bermain di AS Roma dan kembali ke performa terbaik.