In-depth

Apa Kabar Skuat AC Milan Saat Terakhir Juara Serie A Italia 10 Tahun Lalu? (Bagian 1)

Minggu, 14 Februari 2021 14:54 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© notevenoriundo
AC Milan berpeluang juarai Serie A Italia musim ini setelah terakhir kali merebutnya di 2010/2011. Bagaimana kabar skuat Rossoneri yang juara 10 tahun lalu itu? Copyright: © notevenoriundo
AC Milan berpeluang juarai Serie A Italia musim ini setelah terakhir kali merebutnya di 2010/2011. Bagaimana kabar skuat Rossoneri yang juara 10 tahun lalu itu?

INDOSPORT.COM – AC Milan berpeluang juarai Serie A Italia musim ini setelah terakhir kali merebutnya di 2010/2011. Bagaimana kabar skuat Rossoneri yang juara 10 tahun lalu itu?

Selama 9 musim terakhir, sejak 2011/2012 hingga 2019/2020 lalu, gelar scudetto Serie A Italia dikuasai oleh Juventus yang memenanginya sebanyak 9 kali secara beruntun.

Namun, musim ini situasinya cukup berbeda. Memasuki pekan ke-22, Juventus masih tertahan di peringkat ketiga. Sementara itu, posisi puncak dipegang oleh AC Milan yang dibuntuti oleh sang rival sekota, Inter Milan.

Kalah dari Spezia di laga terbaru Serie A Italia, Minggu (14/02/21) dini hari WIB, AC Milan memang masih memuncaki klasemen. Namun, mereka kini terancam oleh Inter Milan yang hanya tertinggal 2 poin dan baru akan bertanding menghadapi Lazio, Senin (15/02/21).

Kekalahan mengejutkan itu diyakini akan membuat Rossoneri tampil lebih fokus di akhir musim demi memburu gelar scudetto Serie A Italia. Pasalnya, mereka terakhir kali merebutnya 10 tahun lalu pada 2010/2011, sekaligus tim terakhir yang menjadi juara sebelum Juventus mendominasi di 9 musim ini.

Ketika itu, Rossoneri keluar sebagai juara dengan raihan 82 poin, unggul 6 poin dari Nerazzurri yang jadi runner up.

Lantas, bagaimana kabar para pahlawan AC Milan ketika juara 1 dekade lalu itu saat ini? Berikut bagian pertama artikel ini, yang berisikan para penjaga gawang dan pemain belakang, seperti dilansir 90 min.

Christian Abbiati

Christian Abbiati adalah kiper utama AC Milan ketika itu, dengan 35 penampilan di liga dan meraih 19 cleansheet.  Abbiati pensiun di akhir musim 2015/2016 dan sempat menjadi manajer yang bertugas menjembatani pemain dan manajemen Milan pada 2017, namun mengundurkan diri setahun kemudian.

Marco Amelia

Berstatus sebagai pelapis Abbiati, Marco Amelia berpindah-pindah klub usai meninggalkan AC Milan dan sempat bergabung dengan Chelsea. Pasca pensiun pada 2017, ia meraih lisensi kepelatihan kemudian membesut klub Serie D Lupa Roma dan Vastese, tapi hanya bertahan 1 tahun di kedua klub itu.

Thiago Silva

© Chris Lee - Chelsea FC/Chelsea FC via Getty Images
Selebrasi gol Thiago Silva di laga Chelsea vs West Ham United. Copyright: Chris Lee - Chelsea FC/Chelsea FC via Getty Images Thiago Silva kini bermain untuk Chelsea

Memasuki musim kedua di San Siro, Thiago Silva tak tergeser sebagai bek tengah utama AC Milan ketika itu dengan catatan 33 penampilan di liga. Akhir musim berikutnya ia hengkang ke PSG dan bermain di Paris selama 8 musim, sebelum pindah ke Chelsea di bursa transfer musim panas lalu.

Alessandro Nesta

Meski ketika itu sudah berusia 35 tahun, Alessandro Nesta masih menjadi andalan di lini belakang. Sama seperti Thiago Silva, Nesta hengkang di akhir musim 2011/2012 meski ia lebih memilih ke MLS. Pensiun sebagai pemain pada 2014, Nesta beralih menjadi pelatih dan kini memimpin Frosinone di Serie B.

Gianluca Zambrotta

Gianluca Zambrotta masih bertahan di San Siro semusim setelah meraih scudetto, sebelum menjajal petualangan baru di Swiss. Ia pensiun pada 2014 dan beralih ke dunia kepelatihan termasuk menjadi asisten Fabio Capello di Jiangsu Suning pada 2017 sampai 2018. Kini ia lebih aktif sebagai pundit.

Sokratis Papastathopoulos

Sokratis Papastathopoulos tak banyak berperan di AC Milan ketika itu dengan hanya tampil 5 kali. Ia kemudian berpetualang ke Jerman sebelum berlabuh di London dan membela Arsenal. Januari lalu, ia diputus kontrak oleh The Gunners dan kini bergabung dengan Olympiakos.

Massimo Oddo

Massimo Oddo menjajal karier sebagai pelatih di Pescara pada 2015. Ia sempat berpindah-pindah klub sebelum melatih Perugia di 2019 namun dipecat pada Januari 2020, sebelum diangkat lagi pada Juli 2020 dan dipecat lagi sebulan kemudian. Ia lalu kembali ke Pescara dan dipecat setelah 3 bulan.

Daniele Bonera

© Jonathan Moscrop/Getty Images
Daniele Bonera. Copyright: Jonathan Moscrop/Getty ImagesDaniele Bonera.

Daniele Bonera mencatatkan 16 penampilan di skuat Massimiliano Allegri ketika itu. Ia pensiun tahun 2019 lalu di Villarreal dan kini kembali ke San Siro sebagai asisten Stefano Pioli. Daniele Bonera bahkan sempat memimpin tim pada November lalu melawan Napoli karena Pioli terkena Covid-19.

Luca Antonini

Luca Antonini menjadi bek kiri andalan AC Milan ketika itu. Ia mengakhiri kariernya bersama Prato pada 2016 dan kini sepenuhnya pensiun dari dunia sepak bola.

Marek Jankulovski

Marek Jankulovksi mengakhiri karier profesional bersama klub pertamanya, Banik Ostrava, pada 2012. Ia kini aktif tampil di laga amal bersama tim Real TOP Praha.

Mario Yepes

Tak jadi pilihan utama di AC Milan, Mario Yepes hengkang ke Atalanta pada 2013 sebelum pensiun di San Lorenzo tahun 2015. Ia sempat menjajal dunia kepelatihan dengan membesut Deportivo Cali (Kolombia), tapi hanya bertahan 11 bulan.

Ignazio Abate

Ignazio Abate bertahan di AC Milan hingga pensiun pada tahun 2019 dan meninggalkan dunia sepak bola sepenuhnya alih-alih menjadi pundit atau pelatih.