In-depth

Apa Kabar Skuat AC Milan Saat Terakhir Juara Serie A Italia 10 Tahun Lalu? (Bagian 2)

Minggu, 14 Februari 2021 17:54 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COMAC Milan berpeluang juarai Serie A Italia musim ini setelah terakhir kali merebutnya di 2010/2011. Bagaimana kabar skuat Rossoneri saat juara 10 tahun lalu itu?

Gelar scudetto Serie A Italia dikuasai oleh Juventus yang memenanginya sebanyak 9 kali secara beruntun sejak 2011/2012 hingga 2019/2020 lalu

Namun, di musim 2020/2021 ini situasinya berbeda. Memasuki pekan ke-22, sang juara bertahan masih tertahan di peringkat ketiga. Posisi puncak justru dikuasai oleh AC Milan yang dibuntuti oleh sang rival sekota, Inter Milan.

Rossoneri memang kalah 0-2 dari Spezia di laga terbaru Serie A Italia, Minggu (14/02/21) dini hari WIB. Namun, mereka masih di puncak meski kini terancam dikudeta Inter Milan yang hanya tertinggal 2 poin dan baru akan bertanding menghadapi Lazio, Senin (15/02/21).

Kekalahan mengejutkan itu diyakini akan membuat Rossoneri tampil lebih fokus di akhir musim demi memburu gelar scudetto Serie A Italia. Pasalnya, mereka terakhir kali merebutnya 10 tahun lalu pada 2010/2011, sekaligus tim terakhir yang menjadi juara sebelum Juventus mendominasi di 9 musim ini.

Ketika itu, Rossoneri keluar sebagai juara dengan raihan 82 poin, unggul 6 poin dari Nerazzurri yang jadi runner up.

Lantas, bagaimana kabar para pahlawan AC Milan ketika juara 1 dekade lalu itu saat ini? Berikut bagian kedua artikel ini, yang berisikan para pemain tengah dan depan, seperti dilansir 90 min.

Mark van Bommel

Mark van Bommel datang ke San Siro di pertengahan musim 2010/2011 dan membantu tim menjadi juara, sebelum hengkang pada 2012. Usai pensiun di PSV, ia menjadi asisten pelatih timnas Australia lalu membesut PSV Eindhoven sejak 2018 sebelum dipecat 1,5 tahun kemudian.

Gennaro Gattuso

© Francesco Pecoraro/Getty Images
Pelatih Napoli, Gennaro Gattuso. Copyright: Francesco Pecoraro/Getty ImagesPelatih Napoli, Gennaro Gattuso.

Jadi kunci di lini tengah AC Milan ketika itu, Gennaro Gattuso beralih menjadi pelatih usai pensiun dan bahkan sempat melatih Rossoneri selama 1,5 tahun. Ia kini memimpin Napoli dan membawa tim tersebut menembus 4 besar Serie A Italia

Clarence Seedorf

Sama seperti sebagian besar rekan-rekannya ketika itu, Clarence Seedorf juga beralih ke dunia manajerial. Ia bahkan sempat memimpin AC Milan pada Januari 2014 tapi dipecat 6 bulan kemudian. Tim terakhir yang dipimpinnya adalah timnas Kamerun pada 2018-2019 lalu.

Mathieu Flamini

Populer bersama Arsenal, tapi bersama AC Milan-lah Mathieu Flamini meraih satu-satunya gelar juara liga. Seusai pensiun ia meninggalkan dunia sepak bola dan beralih menjadi pemilik perusahan biokimia.

Andrea Pirlo

© Twitter @Pirlo_official
Andrea Pirlo dalam rebut perdana sebagai pelatih kepala Juventus di Serie A Italia. Copyright: Twitter @Pirlo_officialAndrea Pirlo dalam rebut perdana sebagai pelatih kepala Juventus di Serie A Italia.

Sukses membawa AC Milan menjadi juara, Andrea Pirlo justru perlahan tersingkir sebelum akhirnya pindah ke Juventus dan meraih beberapa gelar scudetto lagi. Sejak awal musim ini ia beralih menjadi pelatih dan memimpin Juventus.

Massimo Ambrosini

Massimo Ambrosini menjadi kapten ketika AC Milan meraih scudetto Serie A Italia terakhir mereka 10 tahun lalu. Sesuai pensiun, ia tak menjadi pelatih dan lebih memilih menjadi pundit hingga saat ini.

Kevin-Prince Boateng

Kevin-Prince Boateng kini berusia 33 tahun dan masih belum pensiun dari dunia sepak bola profesional. Ia kini bermain bersama Monza di Serie B, yang dimiliki eks presiden AC Milan, Silvio Berlusconi.

Alexandre Pato

Usai membawa AC Milan juara, Alexandre Pato hingga dua musim kemudian sebelum berpindah-pindah klub mulai dari Brasil, Inggris, Spanyol, hingga China. Baru beberapa hari yang lalu, ia resmi bergabung dengan klub MLS, Orlando City, di usianya yang 31 tahun.

Filippo Inzaghi

Filippo Inzaghi pensiun semusim usai meraih scudetto, dan beralih ke dunia kepelatihan dan mengawalinya di San Siro. Ia kini membesut Benevento usai membawa mereka menjuarai Serie B musim lalu dan promosi ke Serie A Italia.

Zlatan Ibrahimovic

© Gabriele Maltinti/Getty Images
Ekspresi kekecewaan Zlatan Ibrahimovic di laga Spezia vs AC Milan. Copyright: Gabriele Maltinti/Getty ImagesEkspresi kekecewaan Zlatan Ibrahimovic di laga Spezia vs AC Milan.

Sempat bertualang bersama sejumlah klub usai meninggalkan AC Milan pada 2012, Zlatan Ibrahimovic kembali sejak Januari 2020 lalu. Meski sudah berusia 40 tahun, ia masih tajam dan kini menjadi andalan pelatih Stefano Pioli di lini depan.

Robinho

Usai meninggalkan Rossoneri, Robinho berpindah-pindah klub sebelum kembali ke Santos pada Oktober 2020. Namun, pada Desember 2020 ia divonis penjara 9 tahun oleh Pengadilan Italia. Hingga kini, hukuman itu masih dalam proses banding.

Ronaldinho

Pada awal tahun 2020 lalu Ronaldinho sempat mendekap di penjara Paraguay karena memasuki negara tersebut dengan paspor palsu. Ia akhirnya bebas pada Agustus 2020 dan sibuk berbisnis termasuk mempromosikan stadion milik Atletico Mineiro dan membuka studio musik.

Antonio Cassano

 Antonio Cassano bertualang bersama sejumlah klub Serie A Italia sejak meninggalkan San Siro pada 2012, sebelum pensiun di Verona pada 2017. Ia kemudian beralih profesi menjadi pundit dan sempat bertikai dengan istri Mauro Icardi, Wanda Nara.