Bursa Transfer

Resmi Tinggalkan Munchen, Deretan Klub yang Bisa Jadi Pelabuhan Baru David Alaba

Rabu, 17 Februari 2021 11:28 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© INDOSPORT
David Alaba mengonfirmasi bakal hengkang dari Bayern Munchen akhir musim ini. Berikut deretan klub yang bisa jadi pelabuhan barunya, termasuk trio Liga Inggris. Copyright: © INDOSPORT
David Alaba mengonfirmasi bakal hengkang dari Bayern Munchen akhir musim ini. Berikut deretan klub yang bisa jadi pelabuhan barunya, termasuk trio Liga Inggris.

INDOSPORT.COM – David Alaba mengonfirmasi bakal hengkang dari Bayern Munchen akhir musim ini. Berikut deretan klub yang bisa jadi pelabuhan barunya, termasuk trio Liga Inggris.

Raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Munchen, telah dipastikan kehilangan salah satu pemain andalan mereka di akhir musim ini. Bek tengah asal Austria, David Alaba, telah menyatakan secara resmi dirinya akan hengkang dari Die Roten akhir musim ini saat kontraknya berakhir.

Alaba telah memperkuat Munchen selama 13 tahun sejak dibeli saat masih berusia 16 tahun dari Austria Vienna pada 2008.

Sejauh ini, pemain 28 tahun itu telah membela Die Roten dalam 415 laga, dan mencatatkan 33 gol serta 50 assist. Ia juga membawa Bayern Munchen meraih 24 gelar, termasuk 9 gelar Bundesliga Jerman dan 2 trofi Liga Champions. Terbaru, ia membawa Munchen menjuarai Piala Dunia Antarklub awal bulan ini.

David Alaba sendiri menyebut keputusannya ini disebabkan keinginannya menjajal hal baru. "Saya telah memutuskan untuk meninggalkan Bayern pada akhir musim dan mencoba hal yang baru," katanya dalam konferensi pers, Selasa (16/02/21).

Dengan statusnya sebagai pemain bebas transfer karena kontraknya habis akhir musim nanti, David Alaba pun bisa pindah secara gratis di bursa transfer musim panas. Hal itu, ditambah kualitasnya sebagai bek tengah mumpuni, membuatnya menjadi bidikan sejumlah klub papan atas Eropa.

Lantas, klub mana saja yang bisa jadi pelabuhan baru David Alaba? Berikut ini daftarnya:

Real Madrid

Real Madrid menjadi kandidat kuat klub baru David Alaba mulai musim depan. Pasalnya, Los Blancos terancam kehilangan Sergio Ramos yang kontraknya akan habis akhir musim ini dan hingga kini masih menolak perpanjangan.

Dengan pengalaman dan kualitasnya, Alaba dinilai bisa menjadi pengganti yang tepat untuk Sergio Ramos. Sejumlah laporan bahkan menyebut bahwa sang bek tengah telah mencapai kesepakatan verbal dengan manajemen Madrid terkait kontrak hingga Juni 2025.

Barcelona

Klub LaLiga Spanyol lainnya yang bisa menjadi pelabuhan Alaba adalah Barcelona. Seperti diketahui, Blaugrana memang membutuhkan bek tengah tangguh seiring makin menuanya Gerard Pique dan buruknya performa para bek pelapis.

Keroposnya lini belakang Barcelona terlihat ketika dihajar PSG 1-4 di leg pertama 16 besar Liga Champions. Alaba diharapkan mampu menularkan pengalaman dan mental juaranya ke lini belakang Barcelona. Apalagi, ia bisa diboyong dengan gratis sehingga tak terlalu membebani keuangan klub.