In-depth

Liverpool Terpuruk, Kemana Gol-gol dari Sadio Mane?

Jumat, 19 Februari 2021 19:39 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Kemana gerangan gol-gol Sadio Mane ketika timnya, Liverpool, tengah mengalami masa-masa sulit di Liga Inggris? Copyright: © Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Kemana gerangan gol-gol Sadio Mane ketika timnya, Liverpool, tengah mengalami masa-masa sulit di Liga Inggris?

INDOSPORT.COM - Kemana gerangan gol-gol Sadio Mane ketika timnya, Liverpool, tengah mengalami masa-masa sulit di Liga Inggris?

Tak banyak yang menyangka musim 2020-2021 akan berjalan begitu sulit bagi Liverpool. Juara bertahan Liga Inggris itu tampil babak belur di musim ini. 

Dalam dua musim sebelumnya, Liverpool padahal tampil begitu dominan hingga ke puncak dunia. Skuad asuhan Jurgen Klopp menjelma menjadi tim yang menakutkan di Inggris dan Eropa. 

Liga Inggris 2018-2019, mereka berhasil mengumpulkan 97 poin, rekor terbaik sepanjang sejarah klub. Namun saat itu Man City sedikit lebih baik dengan mengoleksi satu poin lebih banyak di posisi pertama.

Meski begitu, di musim itu Liverpool sukses menggondol Liga Champions. Akhirnya, musim 2019-2020 berhasil dibayar tuntas oleh The Reds dengan menjuarai Liga Inggris. 

Sayang, memasuki musim ini, performa Liverpool melorot drastis. Mereka terperosok ke posisi enam klasemen dan baru saja menderita tiga kekalahan beruntun. 

Sejumlah persoalan menggelayuti klub, terutama badai cedera. Namun, cedera bukan satu-satunya alasan Liverpool jeblok, melainkan karena sosok Sadio Mane. 

Ya, meski tidak cedera, namun Sadio Mane jadi salah satu aktor penyebab buruknya penampilan Liverpool. Selama dua musim belakangan, Liverpool begitu bergantung pada sosok Sadio Mane, di samping juga ada Mohamed Salah dan Roberto Firmino. 

Harus diakui, Mane yang sebelumnya begitu tajam di garis depan kini mulai terlihat tumpul. Bomber asal Senegal itu baru membuat 7 gol dan 4 assist saja dalam 21 pertandingan domestik atau 11 gol dari 31 laga di seluruh kompetisi. 

Dalam periode yang sama musim lalu, ia mampu membuat 15 gol dalam jumlah pertandingan yang lebih sedikit di semua kompetisi. Rupanya hal ini cukup berimbas pada performa Liverpool