Liga Inggris

Ian Rush, Mesin Gol Wales Milik Liverpool yang Kuasai Derby Merseyside

Sabtu, 20 Februari 2021 17:13 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Liverpool FC via Getty Images
Tiga pemain Liverpool Ian Rush, Ronnie Whelan, dan Alan Hansen saat juara Liga Inggris 1989-90. Copyright: © Liverpool FC via Getty Images
Tiga pemain Liverpool Ian Rush, Ronnie Whelan, dan Alan Hansen saat juara Liga Inggris 1989-90.

INDOSPORT.COM – Mengenal sosok Ian Rush, sang mesin gol asal Wales milik Liverpool yang sampai saat ini masih kuasai daftar pencetak gol terbanyak sepanjang Derby Merseyside.

Pada Minggu (21/02/21) dini hari WIB nanti, duel sengit dalam laga lanjutan pekan ke-25 Liga Inggris bakal terjadi antara dua tim besar asal Sungai Mersey, yakni Liverpool vs Everton.

Bertanding di stadion Anfield, sang tuan rumah Liverpool bertekad raih angka penuh saat jumpa si saudara sekota, Everton, sekaligus mempertahankan rekor tak pernah kalah mereka dari The Toffees dalam sedekade terakhir.

Total dalam 235 pertandingan terakhir antara Liverpool vs Everton, kubu Merah berhasil dominan dengan mencatatkan 93 kemenangan, sedangkan Everton baru meraih 66 kemenangan di semua ajang.

Pertandingan dini hari nanti diprediksi bakal berjalan panas, apalagi jika melihat rapor kedua kesebelasan dalam beberapa partai terakhir musim ini.

Kubu Liverpool yang baru saja menelan tiga kekalahan beruntun di Liga Inggris, kini hanya berjarak tiga poin dari sang rival, Everton, yang menempel ketat di bawahnya usai cuma catatkan satu kemenangan dari lima partai terakhir di liga.

Sama-sama sedang terpuruk, siapapun pemenang di partai ini diprediksi bakal rasakan momentum untuk kembali ke jalur kemenangan.

Menambah panas persaingan Liverpool vs Everton dini hari nanti, berikut INDOSPORT coba merangkum dan mengulas beberapa fakta menarik sepanjang sejarah duel Derby Merseyside ini berlangsung.

Salah satunya adalah sosok Ian Rush, yang sampai sekarang masih menduduki puncak top skor dalam partai Derby Merseyside, sekaligus bukti keperkasaan Liverpool atas sang kakak.

Bernama lengkap Ian James Rush, mantan pesepakbola berusia 59 tahun tersebut memang sempat jadi primadona lapangan hijau serta figur sentral kala Liverpool bermain pada era 80 hingga 90-an.

Lahir di kota St Asaph, Wales, naluri mencetak gol Ian Rush memang sudah terpantau beberapa klub besar sejak usianya masih 13 tahun.

Namun saat banyak tawaran datang, Ian Rush justru memilih klub kecil Chester City sebagai batu loncatan karir profesionalnya. Bersama klub asal Cheshire tersebut, Ian Rush mencatatkan 17 gol dari 39 pertandingan.

Salah satu prestasi terbaik Ian Rush saat membela Chester City adalah dengan mencetak gol ke gawang Newcastle United, yang sekaligus mengantarkan timnya lolos ke putaran ketiga Piala FA.

Berkat penampilan gemilang tersebut, Liverpool pun berani menebus Ian Rush yang masih berusia 19 tahun saat itu dengan mahar 300 ribu pounds, nilai yang memecahkan rekor penjualan Chester City sampai saat ini sekaligus menikung Everton yang juga sempat berikan tawaran.

Lebih banyak bermain untuk tim kedua pada awal kedatangannya, perlahan tapi pasti Ian Rush berhasil mendapatkan tempat utama. Gol pertama Ian Rush untuk Liverpool pun akhirnya datang, yakni pada 30 September 1981 saat pertandingan leg kedua putaran pertama Piala Eropa di Anfield melawan Oulun Palloseura.