In-depth

Kisah Santi Cazorla yang Mendapatkan Kehidupan Kedua dan Jadi Raja di Qatar

Senin, 22 Februari 2021 16:54 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Simon Holmes/Getty Images
Sempat absen 2 tahun karena cedera, eks Arsenal yakni Santi Cazorla kini  mendapatkan kehidupan kedua dengan meraja di Qatar bersama klub barunya, Al-Sadd. Copyright: © Simon Holmes/Getty Images
Sempat absen 2 tahun karena cedera, eks Arsenal yakni Santi Cazorla kini mendapatkan kehidupan kedua dengan meraja di Qatar bersama klub barunya, Al-Sadd.

INDOSPORT.COM – Sempat absen 2 tahun karena cedera, eks Arsenal yakni Santi Cazorla kini  mendapatkan kehidupan kedua dengan meraja di Qatar bersama klub barunya, Al-Sadd.

Santi Cazorla mencatatkan rekor saat membantu klubnya, Al-Sadd, mengalahkan Al-Ahli SC pada pekan ke-16 Liga Qatar, Sabtu (13/02/21) lalu. Dalam laga yang berakhir dengan kemenangan 3-0 untuk Al-Sadd itu, sang gelandang veteran tercatat menorehkan 1 assist.

Tambahan 1 assist itu membuat Cazorla kini telah mengoleksi 10 assist di musim perdananya bersama Al-Sadd di Liga Qatar. Raihan itu semakin istimewa karena ia sebelumnya juga telah mencatatkan 10 gol, sehingga kini tercatat menembus dua digit dalam hal gol dan assist.

Hebatnya lagi, catatan tersebut diraih Santi Cazorla hanya dalam 16 pertandingan pertamanya di liga yang terbilang baru untuknya.

Santi Cazorla baru bergabung dengan Al-Sadd di bursa transfer musim panas lalu dari Villarreal. Sempat disebut bakal pensiun dan kembali ke Arsenal sebagai pelatih, ia justru memilih bertualang ke Qatar dan menerima pinangan klub yang diasuh legenda Barcelona dan eks rekannya di timnas Spanyol, Xavi Hernandez.

Kedekatan keduanya membuat Xavi memberikan kepercayaan penuh kepada Cazorla. Terbukti, dari 16 laga yang sudah dijalani Al-Sadd di Liga Qatar, Cazorla tak pernah absen dan selalu menjadi starter, meski tak selalu tampil penuh 90 menit.

Kepercayaan itu membuat Cazorla menunjukkan performa terbaik. Bagi Xavi dan Al-Sadd sendiri, kegemilangan sang gelandang berdampak sangat baik bagi mereka.

Al-Sadd kini memuncaki klasemen sementara Liga Qatar dengan 44 poin dari 16 pertandingan, hasil dari 14 kemenangan dan 2 seri. Mereka unggul 13 poin dari peringkat kedua Al-Duhail.

Mereka juga menjadi tim tertajam dengan 63 gol, unggul 24 gol dari Al-Duhail yang menjadi tim tertajam kedua. Dengan 10 gol dan 10 assist, Cazorla pun berkontribusi terhadap nyaris sepertiga gol yang dicetak timnya musim ini.

Dengan situasi ini, Al-Sadd pun menjadi kandidat kuat menjuarai Liga Qatar musim ini, dan hal itu tidak lepas dari kontribusi besar Santi Cazorla.