In-depth

Skuat Ajaib Liverpool Era Gerard Houllier yang Sukses Rengkuh Treble Winner

Kamis, 25 Februari 2021 22:34 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© PAUL ELLIS/AFP/Getty Images
Mengenang kembali skuad klub Liga Inggris, Liverpool, musim 2000-2001 asuhan Gerard Houllier yang sukses merengkuh treble winner. Copyright: © PAUL ELLIS/AFP/Getty Images
Mengenang kembali skuad klub Liga Inggris, Liverpool, musim 2000-2001 asuhan Gerard Houllier yang sukses merengkuh treble winner.

INDOSPORT.COM - Mengenang kembali skuad klub Liga Inggris, Liverpool, musim 2000-2001 asuhan Gerard Houllier yang sukses merengkuh treble winner. 

Liverpool dikenal sebagai salah satu tim terbesar di dunia saat ini. Kehebatan Liverpool telah tersiar sejak era 70-an di Inggris. 

19 gelar Liga Inggris dan 6 Liga Champions menjadi bukti dari kebesaran klub Liverpool. Namun, mereka harus menunggu sampai 30 tahun untuk kembali meraih trofi Liga Inggris. 

Selama tiga musim terakhir Liverpool di bawah asuhan Jurgen Klopp sukses bangkit ke jajaran klub top Eropa dan dunia. Gelar Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, dan Liga Inggris berhasil digenggam mereka. 

Namun, meski mereka telah bangkit sepenuhnya dari keterpurukan, sebetulnya ada satu era di mana The Reds menjadi tim yang disegani di Inggris dan Eropa. 

Masa itu adalah edisi 2000-2001. Di musim itu, mereka sukses menorehkan sejarah meraih treble winner dalam satu musim. 

Tentu capaian Liverpool kala itu belum bisa dibandingkan dengan raihan Barcelona tahun 2009 atau Bayern Munchen tahun 2013. Namun, tetap saja Liverpool di musim itu begitu berkesan bagi para fans dan sepak bola Eropa. 

Pada musim itu, di bawah asuhan Gerrard Houllier, Liverpool sukses memenangkan tiga gelar bergengsi yakni Liga Europa (Piala UEFA), Piala FA, dan Piala Liga. Pencapaian Liverpool kala itu kerap dijuluki sebagai mini treble winner. 

Disebut 'mini' karena The Reds tidak berhasil menjuarai Liga Inggris. Meski begitu, Liverpool menjadi salah satu tim tersukses Eropa di musim itu.