Liga Inggris

Shola Shoretire yang Terus Naik Daun di Man United, Siap Terkenal!

Jumat, 26 Februari 2021 14:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© John Peters/Manchester United via Getty Images
Shola Shoretire, pemain muda Manchester United yang baru saja memecahkan rekor hebat. Copyright: © John Peters/Manchester United via Getty Images
Shola Shoretire, pemain muda Manchester United yang baru saja memecahkan rekor hebat.

INDOSPORT.COM - Wonderkid Manchester United, Shola Shoretire, mulai menunjukkan tanda-tanda naik daun dan siap populer pada masa yang akan datang.

Remaja berusia 17 tahun tersebut baru saja mencetak rekor hebat ketika tampil melawan Real Sociedad di leg kedua 32 besar Liga Europa 2020-2021, yang membuat namanya tercatat dalam sejarah klub.

Masuk pada menit ke-76 menggantikan Mason Greenwood, Shola Shoretire pun menasbihkan diri sebagai pemain termuda Manchester United yang debut di kompetisi Eropa. Usianya adalah 17 tahun 23 hari.

Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Norman Whiteside yang lebih tua 108 hari dari catatan Shoretire. Uniknya, ada kesamaan dari momen debut Eropa dua pemain ini, yakni ajangnya, skor akhir, dan lawan yang dihadapi.

Debut Eropa Norman Whiteside pertama kali terjadi di ajang Piala UEFA (kini Liga Europa), pada tahun 1982. Skor akhir pertandingannya pun sama yakni 0-0 dan tim senegara Real Sociedad di Spanyol yakni Valencia.

Ya, seperti diketahui, Manchester United menuntaskan perjalanan mereka di fase 32 besar Liga Europa 2020-2021 dengan skor kacamata di leg kedua, sedangkan di leg pertama mereka unggul besar empat gol tanpa balas.

Dengan demikian, secara otomatis skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer berhak melaju ke 16 besar. Hasil ini juga dimaknai secara spesial oleh Shola Shoretire yang tidak dapat menyembunyikan kebahagiaannya.

Lewat sebuah cuitan di Twitter, pemain Inggris yang juga punya darah Nigeria tersebut pun meluapkan isi hatinya.

“Benar-benar biasa akhirnya bisa debut di Eropa. Menjadi pemain termuda United yang bermain di Eropa adalah momen hebat dan sebuah kehormatan bagi saya serta keluarga saya,” tulis Shola Shoretire.

Selain Shoretire, sejumlah pemain muda Manchester United juga sedang di atas awan lantaran mendapat kesempatan bersinar di tim utama.

Melawan Real Sociedad di leg kedua 32 besar Liga Europa, Solskjaer memang meramu skuat gabungan para senior dan junior. Tujuh dari 16 pemain yang masuk skuat semalam merupakan jebolan akademi.

Shola Shoretire tidak sendirian karena ia ditemani rekan-rekannya seperti Mason Greenwood, Axel Tuanzebe, Dean Henderson, Brandon Williams, dan Marcus Rashford, ditambah Ethan Galbraith yang menghuni bangku cadangan.