In-depth

Mengingat Masa-Masa Getir Liverpool Terdepak dari 4 Besar Liga Inggris

Sabtu, 27 Februari 2021 14:09 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Laurence Griffiths/Getty Images
Fernando Torres pernah jadi saksi Liverpool yang terdampar ke luar empat besar Liga Inggris. Copyright: © Laurence Griffiths/Getty Images
Fernando Torres pernah jadi saksi Liverpool yang terdampar ke luar empat besar Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Liverpool telah melewati penantian dan perjalanan panjang sampai akhirnya berhasil memenangkan gelar juara Liga Inggris.

Gelar prestisius yang telah diidam-idamkan sejak lama tersebut akhirnya mampir lagi ke Anfield musim lalu. The Reds finis di posisi puncak dengan raihan 99 poin, unggul 18 angka dari Manchester City di peringkat dua.

Akan tetapi, belakangan ini The Reds justru mencetak hasil mengecewakan saat berkompetisi di liga domestik. Bagaimana tidak? Skuat asuhan Jurgen Klopp sudah kalah empat kali beruntun baik tandang maupun kandang.

Sempat menang kontra West Ham United pada akhir Januari, mereka justru ditekuk tipis Brighton 0-1, kalah mengerikan dari Manchester City 1-4, lalu kalah lagi dari Leicester City 1-3, dan yang terakhir dipermalukan Everton 0-2.

Agaknya, Liverpool terlihat kesulitan menjalani musim pertama mereka setelah menjadi juara. Seperti kata Sir Alex Ferguson, bahwa masa-masa ini adalah yang tersulit yang harus dihadapi seorang kampiun.

Ya, memenangkan sesuatu bukanlah hal mudah, tapi mempertahankannya adalah tantangan yang lebih sulit lagi. Teori Sir Alex Ferguson ini sempat diutarakan eks pemain Manchester United, Danny Simpson.

“Jujur saja saya tidak kaget melihat Liverpool kesulitan sekarang ini. Sir Alex selalu bilang musim setelah juara adalah yang tersulit,” kata Danny Simpson, seperti diberitakan laman Daily Star.

“Ke mana saja Anda pergi atau siapa saja yang mendatangi stadion Anda, lawan pasti ingin mengambil sesuatu milik sang juara dan itu sedang dialami Liverpool saat ini,” tambah pria kelahiran 4 Januari 1987 tersebut.

Liverpool sendiri saat ini bisa dibilang sedang terpuruk lantaran terdampar di klasemen sementara Liga Inggris 2020-2021. Sampai tulisan ini dibuat, mereka berada di peringkat enam dengan raihan 40 poin.

Di atasnya, bertengger tim-tim seperti Chelsea, West Ham United, Leicester City, dan Manchester United. The Hammers, yang menduduki peringkat empat saat ini mengantongi 45 poin, tidak cukup jauh sebenarnya.

Namun jika diingat kembali, tentu rasanya sangat miris lantaran ini artinya Liverpool sudah membuang banyak poin berharga dengan kekalahan-kekalahannya. Jika terus menang, mungkin saat ini mereka bisa berada di tiga besar.

Masa sulit ini tentu bukan kali pertama terjadi pada Liverpool. Beberapa musim lalu, mereka juga pernah terdampar dan terdepak dari zona Liga Champions, entah saat musim berlangsung maupun saat musim berakhir.