In-depth

Tony Adams, Kapten Setia Arsenal yang Pernah Terjerat Kehidupan Kelam

Minggu, 28 Februari 2021 16:43 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Metro
Mengenang perjalanan manis dan getir kapten legendaris klub Arsenal, Tony Adams, dalam meraih kejayaan di Liga Inggris dan Eropa. Copyright: © Metro
Mengenang perjalanan manis dan getir kapten legendaris klub Arsenal, Tony Adams, dalam meraih kejayaan di Liga Inggris dan Eropa.

INDOSPORT.COM - Mengenang perjalanan manis dan getir kapten legendaris klub Arsenal, Tony Adams, dalam meraih kejayaan di Liga Inggris dan Eropa.

Bagi mereka yang sudah menyaksikan Liga Inggris sejak era 90-an dan awal 2000-an pasti familier dengan nama kapten Arsenal, Tony Adams. Siapa yang tak kenal dengan bek setia milik The Gunners ini. 

Tony Adams merupakan kapten legendaris milik Arsenal yang telah memperkuat The Gunners selama 22 tahun. Dalam karier panjangnya tersebut, ia mencatatkan 409 penampilan di level senior dan laga resmi dengan kontribusi 21 gol dan 5 assist.

Selama membela Arsenal, ia sukses mempersembahkan 4 gelar juara Liga Inggris, 3 Piala FA, 2 Piala Liga, dan 2 Community Shield. Adams menjadi salah satu pemain paling sukses dalam sejarah Arsenal. 

Tony Adams mengawali karier sepak bola profesionalnya pada tahun 1980 dengan bergabung bersama tim junior Arsenal. Ia menimba ilmu di akademi sampai selama tiga tahun sebelum akhirnya promosi ke tim senior tahun 1983. 

Tony Adams melakukan debutnya di Arsenal pada laga Divisi Pertama melawan Sunderland pada saat usianya masih 17 tahun. Sejak itu, ia cukup rutin tampil walau belum menjadi pemain reguler. 

Tony Adams baru menjadi pemain reguler Arsenal mulai musim 1986-1987 di mana kala itu The Gunners merebut trofi Piala Liga usai mengalahkan Liverpool pada laga puncak di Stadion Wembley.

Bersama dengan Lee Dixon, Nigel Winterburn, dan Steve Bould, Adams menjadi bagian dari "Famous Back Four" alias empat bek ternama yang disegani di Inggris. Di bawah pelatih George Graham, barisan bek Arsenal begitu kuat dengan ciri khas jebakan off side-nya. 

Tony Adams mencapai prestasi luar biasa ketika pada usia masih 21 tahun sudah didapuk menjadi kapten Arsenal. Ia pun menjadi kapten termuda dalam sejarah Arsenal. 

Kejayaan Tony Adams bersama Arsenal berlanjut ketika pada musim 1988/89 ia meraih gelar Liga Inggris pertamanya setelah menyisihkan Liverpool dalam persaingan. Adams dan Arsenal kembali merengkuh gelar juara liga pada musim 1990/91. 

Pada musim 1992.93, Adams meraih pencapaian baru dengan menjadi kapten Inggris pertama yang mengantar klubnya merebut double winner Piala Liga dan FA Cup serta merebut Piala Winners Eropa setahun berselang. 

Sayang, karier gemilangnya yang sudah dibangun sejak usia muda mulai terganggu dengan ketergantungannya terhadap alkohol dan pesta pora. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%