Liga Italia

Hernan Crespo, Flamboyan Argentina yang Dibesarkan Parma dan Digilai Inter Milan

Kamis, 4 Maret 2021 17:35 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© thescore.com
Hernan Crespo saat berseragam Lazio pada tahun 2001. Copyright: © thescore.com
Hernan Crespo saat berseragam Lazio pada tahun 2001.

INDOSPORT.COM – Mengenal sosok Hernan Crespo, sang penyerang flamboyan asal Argentina yang besar oleh Parma namun sangat digilai Inter Milan hingga tiga kali didatangkan.

Pada pertandingan lanjutan Liga Italia 20/21 hari Jumat (05/03/21) dini hari nanti, duel sengit terjadi antara sang pemuncak klasemen sementara Inter Milan menghadapi tuan rumah Parma.

Secara statistik dan kondisi tim musim ini, Inter Milan diprediksi bakal mudah meraih tiga angka, apalagi Parma belum pernah menang dalam 15 pertandingan terakhir di Liga Italia.

Meski bakal jadi pertandingan mudah buat Nerazzurri, namun sejarah panjang kedua tim pada era Magnificent Serie A tahun 90-an silam, membuat duel Parma kontra Inter Milan dini hari nanti tetap akan menarik untuk disaksikan.

Demi menambah panasnya persaingan, berikut beberapa fakta serta catatan menarik seputar Parma dan Inter Milan. Salah satunya adalah sosok Hernan Crespo yang sempat jadi bintang di kedua kesebelasan.

Pada era 90-an, nama Hernan Crespo merupakan salah satu penyerang paling berbahaya terutama di kancah Liga Italia dan menjadikannya sebagai pemain depan dengan mahar tinggi di Eropa.

Memulai karier di klub Argentina, River Plate, pesona Hernan Crespo yang berhasil cetak 14 gol dari 34 pertandingan Primera División musim 1995/96, mampu menarik minat Parma yang saat itu bertengger di peringkat 6 Serie A.

Masa awal Hernan Crespo di Italia sendiri tidak berjalan mulus, dirinya bahkan gagal mencetak gol dalam enam bulan pertama di klub, hingga para fans pun kerap mencemooh pria kelahiran Florida Este ini.

Namun dengan kesabaran Carlo Ancelotti selaku pelatih Parma saat itu, membuat Hernan Crespo secara bertahap berhasil menemukan sentuhan terbaiknya di kancah Serie A.

Terbukti dalam 27 pertandingan di musim debutnya bersama Parma, Hernan Crespo berhasil mencetak 12 gol di Serie A sekaligus membawa Parma finish di peringkat kedua klasemen akhir Liga Italia dibawah Juventus.

Pada musim-musim berikutnya, karier Hernan Crespo makin gemilang bersama Parma. Terbukti selama tiga tahun di Stadio Ennio Tardini, dirinya mampu mencetak 80 gol dalam 151 pertandingan di semua ajang.

Beberapa gelar juara pun berhasil Crespo persembahkan buat Parma, diantaranya adalah Coppa Italia 1998/99, piala Supercoppa Italiana 1999 serta Piala UEFA 1998/99.

Sejumlah prestasi individu juga mampu diraih Hernan Crespo, seperti top skor Coppa Italia 1998/99 hingga Pemain Terbaik UEFA Cup 1999 sukses ia menangkan saat berseragam Parma.

Dengan kegemilangan bersama Parma, nama Hernan Crespo jadi laris manis di bursa transfer. Pada musim 2000–01, Lazio yang berani mengeluarkan dana 35 juta pounds sekaligus memecahkan rekor transfer dunia saat itu, sukses menggaet Crespo hijrah ke Stadio Olimpico.