Liga Indonesia

3 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Siap Jadi Mimpi Buruk Bali United

Minggu, 7 Maret 2021 11:54 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
M. Raflo dan Kushedya Hari Yudo melakukan selebrasi gol bersama pada laga Timnas Indonesia U-23 vs Tira Persikabo. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
M. Raflo dan Kushedya Hari Yudo melakukan selebrasi gol bersama pada laga Timnas Indonesia U-23 vs Tira Persikabo.

INDOSPORT.COM - Dalam laga kontra Bali United nanti, tiga pemain bintang Timnas Indonesia U-23 diprediksi akan menjadi ancaman serius bagi Bali United. 

Timnas Indonesia U-23 akan kembali beruji coba dengan klub Liga 1 pada Minggu (07/03/21) malam nanti. Kali ini lawan yang akan dihadapi adalah juara Liga 1 2019, Bali United. 

Setelah melakoni uji tanding melawan Tira Persikabo, Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong kembali akan beraksi melawan Bali United. 

Timnas Indonesia U-23 sendiri memiliki modal bagus jelang laga ini setelah sukses menang 2-0 atas Tira Persikabo dua hari lalu. Meski begitu, masih banyak kekurangan yang mesti diperbaiki jelang lawan Bali United. 

Untuk itu, pelatih Shin Tae-yong diyakini bakal mempersiapkan timnya lebih baik kontra Bali United pada laga kedua uji coba setelah jeda panjang pandemi COVID-19 di Indonesia. 

Pada laga pertama, dua gol tim nasional berhasil dilesakkan oleh Kadek Agung pada menit ke-45 dan Muhammad Rafli pada menit 49' Sejumlah pemain kunci padauji coba melawan Tira Persikabo diyakini akan tetap dipertahankan ditambah sejumlah nama baru yang belum mendapat kesempatan tampil. 

Dalam laga kontra Bali United nanti, tiga pemain bintang Timnas Indonesia U-23 diprediksi akan menjadi ancaman serius bagi Bali United. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya. 

1. Kushedya Hari Yudo

Tak bisa dipungkiri, Kushedya Hari Yudo sukses menaikan kualitas tim nasional Indonesia. Hari Yudo turut berkontribusi dalam memberikan assist cantik pada gol kedua Timnas yang dicetak oleh M. Rafli di laga kontra Tira Persikabo lalu. 

Proses assist itu terjadi usai Kushedya melakukan penetrasi di sisi kiri serangan tim nasional. Dari situ ia melepaskan umpan terukur yang dikonversi menjadi gol

Selama bertahun-tahun tim nasional Indonesia tidak memiliki sosok penyerang sayap kiri yang memiliki agresivitas dan determinasi seperti Kushedya Hari Yudo. 

Terlepas dari assist yang telah dibuatnya, Hari Yudo secara umum telah memberikan jaminan kualitas pada sisi sayap Timnas Indonesia. Cukup mengherankan memang pemain dengan kualitas seperti Kushedya Hari Yudo baru tercium tim nasional saat dirinya sudah berusia 26 tahun. 

Nama Kushedya Hari Yudo mulai bersinar ketika dirinya tampil gemilang bersama tim promosi, PS Sleman, di Liga 2 2019. Pada musim itu ia tampil 29 kali dengan catatan 5 gol dan 7 assist. 

Andai Liga 1 2020 tak dihentikan, mungkin ia bisa lebih gemilang di klub barunya, Arema FC, saat mampu membuat 2 gol dan 1 assist dari 3 laga. Saat ini, Kushedya Hari Yudo adalah pemain yang paling versatile di lini depan timnas dengan kemampuan bermain di tiga posisi, yakni sayap kanan, sayap kiri, dan striker tengah.