In-depth

Duel Antarlini Man City vs Man United: Perang Bintang

Minggu, 7 Maret 2021 15:19 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Membedah duel perlini laga Derby Manchester antara Manchester City vs Manchester United pada pekan ke-27 Liga Inggris di Stadion Eithad, Minggu (07/03/21). Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Membedah duel perlini laga Derby Manchester antara Manchester City vs Manchester United pada pekan ke-27 Liga Inggris di Stadion Eithad, Minggu (07/03/21).

INDOSPORT.COM - Membedah duel perlini laga Derby Manchester antara Manchester City vs Manchester United pada pekan ke-27 Liga Inggris di Stadion Eithad, Minggu (07/03/21).  

Liga Inggris akan menyuguhkan laga seru akhir pekan ini. Minggu (07/03/21) pukul 23.30 malam WIB, Manchester City akan menjamu rival sekotanya Manchester United.

Tak hanya mempertemukan dua tim bertetangga, Derby Manchester kali ini juga mempertemukan pemuncak klasemen Liga Inggris dengan tim peringkat 2. Meski demikian, The Citizens yang ada di puncak unggul jauh dari Setan Merah yakni 14 poin.

Tim asuhan Pep Guardiola itu juga tengah menampilkan performa mengagumkan dengan torehan 21 kemenangan beruntun di semua kompetisi, 15 di antaranya diraih di Liga Inggris.

Sementara itu, meski bertengger di peringkat 2, performa Manchester United masih belum memuaskan. Dalam 5 pertandingan terakhir di Liga Inggris, Bruno Fernandes dkk hanya bisa meraih 1 kemenangan dan mengalami 4 hasil imbang.

Jelang laga nanti, MU dipastikan tanpa David de Gea yang absen karena kekasihnya melahirkan anak pertama mereka, serta Paul Pogba yang masih cedera. Sementara itu, City berada dalam kekuatan penuh usai pulihnya Sergio Aguero dan Kevin de Bruyne dari cedera.

Lantas, bagaimana kedua tim akan bertarung di laga malam nanti? Berikut kami rangkum duel antarlini kedua tim. 

FORMASI

Manchester City 4-3-3
Manchester United 4-2-3-1

KIPER

Untuk posisi penjaga gawang, tuan rumah Manchester City akan menurunkan kiper terbaik mereka, Ederson. Musim ini Ederson tampil apik. 

Ederson menjadi salah satu kiper dengan statistik bagus di Eropa. Tentu hal ini tak terlepas dari andil para pemain belakang City. 

Dari 32 laga di seluruh kompetisi, Ederson baru kebobolan 17 gol. Kiper asal Brasil itu juga telah mencatatkan 20 clean sheet musim ini yang 15 di antaranya terjadi di Liga Inggris. 

Sementara itu, kondisi berbeda di hadapi Man United. Pada laga ini kiper utama Man United, David De Gea, harus absen karena urusan keluarga. Sebagai gantinya, Ole Gunanr Solskjaer akan memainkan Dean Henderson. 

Dean Henderson sendiri menjadi kiper pelapis musim ini. Meski begitu, ia memiliki potensi besar untuk menjadi kiper utama The Red Devils di musim depan. 

Sepanjang musim ini Dean Henderson tampil sebanyak 14 kali di seluruh kompetisi. Catatannya pun lumayan. 

Ia hanya kebobolan 9 gol dan sukses mencatatkan 9 clean sheet. Jelas bahwa Man City tak bisa meremehkan kemampuan kiper muda, Dean Henderson. 

BELAKANG

Meski memiliki formasi berbeda, namun baik Man City maupun Man United sama-sama menggunakan skema empat bek. Kubu tuan rumah Manchester City akan mempercayakan lini belakangnya kepada Cancelo (kiri), Dias (tengah), Stones (tengah), dan Walker. 

Sampai saat ini City belum bisa memainkan Nathan Ake yang masih cedera. Pertahanan The Cityzens sangat bagus di Liga Inggris musim ini. Dari 27 laga, mereka baru kebobolan 17 gol dan menjadi tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit. 

Sementara itu situasi berbeda dialami oleh Man United. Gawang Man United sudah kebobolan hampir dua kali lipat dari jumlah kebobolan Manchester City. 

Dalam skema empat bek, pelatih Solskjaer akan memainkan Wan-Bissaka di kanan, duet Lindelof dan Maguire di tengah, serta Shaw di kiri. Peran kedua sayap Man United begitu penting dalam membantu tim menyusun serangan. 

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%