In-depth

5 Catatan Buruk Liverpool Usai Dibekuk Fulham di Anfield

Senin, 8 Maret 2021 09:31 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© twitter.com/FulhamFC
Dikalahkan secara memalukan oleh Fulham di Anfield, juara bertahan Liga Inggris, Liverpool, langsung mencatatkan lima rekor buruk. Copyright: © twitter.com/FulhamFC
Dikalahkan secara memalukan oleh Fulham di Anfield, juara bertahan Liga Inggris, Liverpool, langsung mencatatkan lima rekor buruk.

INDOSPORT.COM - Dikalahkan secara memalukan oleh Fulham di Anfield, juara bertahan Liga Inggris, Liverpool, langsung mencatatkan lima rekor buruk. 

Liverpool lagi-lagi harus menelan kekalahan pahit di liga setelah dipermalukan Fulham 1-0 di Anfiled pada laga lanjutan pekan ke-28 Liga Inggris 2020-2021. 

Ini adalah kekalahan keenam beruntun yang diderita The Reds di Anfield. Parahnya, hasil ini didapat saat meladeni tim zona degradasi. 

Dengan hasil ini, Liverpool makin terpuruk di klasemen Liga Inggris. Mohamed Salah dkk tercecer di peringkat ketujuh klasemen dengan 42 poin dari 28 laga. 

Jika ditotal, Liverpool sudah menderita 9 kekalahan sejauh ini di Liga Inggris. Penampilan ini jelas berbanding terbalik dengan performa mereka pada musim lalu. 

Pada laga memalukan di Anfield ini, Liverpool pun langsung mencatatkan lima rekor buruk. Apa saja itu? Berikut ulasannya. 

1. 8 Laga Tanpa Menang di Anfield

Kekalahan atas Fulham memperpanjang catatan beruntun tanpa kemenangan Liverpool di Anfield. Saat ini The Reds memiliki rekor tak pernah menang di Anfield dalam delapan laga beruntun. 

Rinciannya Liverpool menderita enam kekalahan dan cuma meraih dua imbang. Catatan ini adalah yang terburuk selama hampir 70 tahun terakhir. 

Terakhir kali Liverpool mencatatkan rekor lebih buruk dari ini adalah pada musim 1953/54 ketika mereka gagal meraih kemenangan di 10 laga kandang beruntun. 

2. 6 Kali Kalah Beruntun di Anfield 

Kekalahan atas Fulham menciptakan rekor anyar Liverpool di Anfield. Ini adalah untuk kedua kalinya Liverpool kalah enam kali beruntun di kandang dalam sejarah perjalanan klub. 

Rentetan kekalahan ini dimulai saat mereka kalah dari Burnley (0-1) lalu berlanjut ke Brighton (0-1), Man City (1-4), Everton (0-2), Chelsea (0-1), dan terakhir Fulham (0-1). 

Dalam catatan tersebut, Liverpool cuma mampu mencetak satu gol dan kebobolan sebanyak 10 kali. Sebuah torehan yang sangat memalukan bagi tim sebesar Liverpool yang menyandang status juara bertahan. 

Rekor enam kekalahan adalah yang terburuk. Namun ini bukan yang pertama kalinya bagi The Reds. Pada musim 1953/54 atau hampir 70 tahun lalu, Liverpool juga pernah menderita enam kekalahan beruntun di kandang yang membuat mereka terdegradasi. 

3. Rotasi Pemain yang Gagal

Jurgen Klopp memutuskan melakukan perubahan radikal pada formasi Starting XI timnya jelang melawan Fulham. Tercatat ada tujuh perubahan sekaligus pada susunan pemain di Starting XI. 

Sejumlah pemain inti yang tampil mengecewakan dalam beberapa laga terakhir harus dicadangkan. Namun, langkah radikal dari Jurgen Klopp ini berubah petaka bagi timnya kala ditumbangkan oleh tim zona degradasi, Fulham

Sebetulnya ini bukan pertama kali Klopp melakukan perubahan drastis pada Starting XI. Setidaknya ada tiga kali ia melakukan ini di Liverpool. 

Bedanya, pada tiga kesempatan terakhir itu, Jurgen Klopp selalu sukses memberikan tiga poin bagi Liverpool. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%