Liga Italia

Sandro Mazzola, Fanatik Inter Milan yang Lahir dari Tragedi Superga

Senin, 8 Maret 2021 17:25 WIB
Editor: Subhan Wirawan
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Mengenal Sandro Mazzola, legenda Timnas Italia dan fanatik Inter Milan yang lahir dari tragedi kelam Superga. Gelandang kelahiran Turin ini juga jadi bintang La Beneamata saat jumpa Atalanta.

Inter Milan sendiri bakal jalani pertandingan cukup berat pekan ini, di mana skuad arahan Antonio Conte tersebut akan menjamu kuda hitam, Atalanta, di giornata ke-26 pada Selasa (09/03/21) dini hari WIB.

Bertanding di stadion Giuseppe Meazza, Inter Milan sebagai tuan rumah tengah mengusung misi tiga poin untuk memperkokoh posisi puncak klasemen Liga Italia dari kejaran rival sekota, AC Milan.

Berkaca pada rekor pertemuan terakhir kedua tim, Inter Milan memang sedikit unggul dengan tampil tak terkalahkan dari empat laga termasuk menang 0-2 di laga tandang pada 1 Agustus 2020.

Namun Inter Milan tetap tak boleh anggap enteng Atalanta, apalagi anak asuh Gian Piero Gasperini tersebut belum pernah kalah dalam lima pertandingan terakhir, bahkan di pekan sebelumnya mereka sukses pesta lima gol ke gawang Crotone.

Selain itu, Atalanta juga berniat raih angka penuh untuk membuka asa mereka tembus zona Liga Champions musim depan. Saat ini, Atalanta masih tertahan di urutan 5 dengan 49 poin, berjarak satu angka dari AS Roma di atasnya atau batas akhir Champions League.

Sama-sama berstatus tak terkalahkan dan dikenal punya daya serang terbaik di Serie A musim ini, duel Inter Milan kontra Atalanta nanti malam diprediksi bakal berjalan sengit dan panas.

Menambah seru laga Inter Milan vs Atalanta, berikut INDOSPORT coba mengulas beberapa catatan menarik kedua tim yang pernah tercipta sepanjang sejarah.

Salah satunya adalah sosok Sandro Mazzola, gelandang legendaris Italia yang jadi top skor saat duel Inter Milan dan Atalanta berlangsung.

Melansir dari laman transfermarkt, diketahui bahwa Sandro Mazzola telah mencetak 12 gol sepanjang 22 pertemuannya dengan Atalanta. Jumlah gol tersebut jadi yang terbanyak dalam 132 pertandingan antara Nerazzurri kontra La Dea.

Jadi salah satu gelandang terbaik di Italia, siapa sangka jika Sandro Mazzola punya masa kecil cukup kelam dan sedih. Diketahui bahwa Sandro Mazzola merupakan anak dari legenda Torino, Valentino Mazzola, yang juga bagian penting dari skuad Grande Torino.

Sebagai informasi, Grande Torino merupakan julukan buat Torino yang berhasil tampil gemilang pada musim 1940-an. Tercatat, skuad arahan Felice Borel tersebut berhasil meraih lima gelar Liga Italia secara beruntun.

Bahkan pada musim 1947/48, Torino mencetak banyak rekor sepanjang musim, seperti poin tertinggi di klasemen, dengan 65 poin dalam 40 pertandingan hingga kemenangan kandang terbesar, 10-0 melawan Alessandria.

Namun sayang, kegemilangan Torino harus terhenti akibat kecelakaan pesawat Fiat G.212 yang menabrak dinding gereja Basilika Superga di Turin pada tahun 1949. Kejadian kelam ini pun dikenal sebagai tragedi Superga.

Akibat kecelakaan tersebut, setidaknya membuat 31 penumpang termasuk 18 pemain Torino meninggal, salah satunya adalah Valentino Mazzola ayah dari Sandro Mazzola.

Ditinggal wafat sang ayah sejak kecil, Sandro Mazzola harus jalani kehidupan cukup berat. Apalagi sebelum meninggal, ayah Sandro Mazzola telah lebih dulu bercerai sehingga perjuangan selepas kepergian Valentino jadi makin sulit buat Mazzola junior.