In-depth

Deretan Bintang Asing yang Semarakan Piala Menpora 2021

Kamis, 18 Maret 2021 15:53 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Dok. PSSI
Berikut ini kami rangkum deretan pemain asing klub-klub Liga 1 yang semarakan turnamen Piala Menpora 2021. Copyright: © Dok. PSSI
Berikut ini kami rangkum deretan pemain asing klub-klub Liga 1 yang semarakan turnamen Piala Menpora 2021.

INDOSPORT.COM - Berikut ini kami rangkum deretan pemain asing klub-klub Liga 1 yang semarakan turnamen Piala Menpora 2021

Setelah mati suri selama hampir satu tahun karena adanya pandemi virus corona, dunia sepak bola Indonesia akhirnya bisa menggeliat lagi. Untuk pertama kalinya, klub-klub profesional Tanah Air akan beruji tanding dalam turnamen pramusim Piala Menpora. 

Piala Menpora 2021 yang kick-off nya digelar pada 21 Maret bisa jadi angin segar bagi klub bola di Tanah Air. Akan ada empat stadion megah yang menjadi venue dari turnamen tersebut.

Fase grup Piala Menpora 2021 akan berlangsung selama 18 hari. Setiap hari akan terselenggara dua pertandingan fase grup dalam rentang 21 Maret-7 April. Kecuali untuk tanggal 26 Maret dan 4-6 April.

Sebagai turnamen pramusim, Piala Menpora 2021 tentu akan dimanfaatkan klub-klub untuk menguji kemampuan tim dan para pemainnya. Terutama bagi klub-klub yang telah dan ingin mengontrak pemain asing untuk gelaran Liga 1 2021 Juni mendatang. 

Selain panggung para pemain nasional, tentu saja Piala Menpora akan jadi perhelatan bagi pemain asing-asing Liga 1. Meski begitu, tak semua klub bakal menampilkan pemain asingnya di turnamen ini.

Mepetnya persiapan klub menjadi alasan sebagian klub-klub peserta belum mengontrak pemain asing. Kami mencatat ada delapan klub yang kemungkinan besar turun tanpa pemain asing. 

Lalu, siapa-siapa saja pemain asing yang mendapat kesempatan klub untuk tampil di turnamen pramusim ini? Berikut ini kami rangkum deretan pemain-pemain asing yang semarakan turnamen Piala Menpora 2021. 

1. Arema FC: Bruno Smith (Brasil), Caio Ruan (Brasil)

Musim ini Arema FC melakukan perombakan pada skuad asingnya. Setidaknya dua nama pemain asing sudah terdaftar di skuad Singo Edan. 

Kedua pemain tersebut adalah Bruno Smith dan Caio Ruan. Keduanya sama-sama berasal dari Brasil. Dalam uji coba melawan Madura United beberapa hari lalu Bruno Smith berhasil tampil memuaskan. 

2. Bali United: Willian Pachecho (Brasil), Diego Assis (Brasil)

Bali United menambah satu personel baru pemain asing di tim mereka. Pemain itu adalah Diego Assis, legiun asing asal Brasil yang pernah membela Persela Lamongan. 

Bali United musim ini ditinggal oleh sejumlah nama besar seperti Paulo Sergio dan Melvin Platje. Saat ini hanya tersisa satu nama lama pemain asing di tim Serdadu Tridatu, yakni Wilian Pachecho. 

Itu artinya, Bali United akan memakai dua pemain asing saja di Piala Menpora, yakni Willian Pachecho dan Diego Assis. 

3. Bhayangkara Solo FC: Ezechie N'douasel (Chad), Renan Silva (Brasil), dan Lee Yoon-joon (Korea Selatan). 

Bhayangkara menjadi segelintir tim Liga 1 yang berhasil mempertahankan komposisi utama pemain asing mereka. Saat ini ada tiga pemain asing musim lalu yang masih berseragam Bhayangkara FC, yakni Ezechie N'douasel (Chad), Renan Silva (Brasil), dan Lee Yoon-joon (Korea Selatan). 

Kemungkinan besar Bhayangkara masih akan menambah satu pemain jelang Liga 1 nanti. Namun untuk Piala Menpora, pelatih Paul Munster diyakini hanya akan memakai tiga pemain di atas. 

4. Borneo FC: Javlon Guseynov (Uzbekistan), Amer Bekic (Bosnia dan Herzegovina)

Borneo FC juga ditinggal banyak pemain asingnya musim ini. Hanya ada Javlon Guseynov (Uzbekistan) yang tersisa dari musim lalu. 

Menjelang Piala Menpora 2021, manajemen Pesut Etam baru berhasil mendatangkan satu nama pemain asing baru. Pemain itu adalah Amer Bekic, pemain berposisi striker dari negara Bosnia & Herzegovina.