Liga Indonesia

Tak Serius hingga Mundur, Persipura 'Alergi' Turnamen Pramusim Era Liga 1

Jumat, 19 Maret 2021 08:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Sudjarwo/INDOSPORT
Salah seorang pemain Persipura yang tengah tertunduk lesu. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Salah seorang pemain Persipura yang tengah tertunduk lesu.

INDOSPORT.COM - Kerap kali gagal juara hingga teranyar memutuskan mundur dari Piala Menpora 2021, intip kisah Persipura yang terlihat angin-anginan kala tampil di turnamen pramusim era Liga 1.

Jelang bergulirnya Piala Menpora akhir pekan ini, salah satu tim kuat asal Indonesia Timur, Persipura Jayapura memilih menarik diri lantaran kecewa dengan sikap operator PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang tidak terbuka perihal respons mereka terhadap Piala Menpora.

Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano, mengatakan bahwa pihaknya sudah bersurat ke Organizing Committee Piala Menpora, yakni PT LIB, mengenai sikap mereka yang enggan ikut serta dalam turnamen pramusim tersebut.

Namun, Persipura Jayapura menganggap surat itu seperti tidak digubris karena penyelenggara masih memasukkan Persipura ke dalam daftar klub yang bakal ikut serta. Bahkan Persipura masuk undian Grup A bersama Arema FC, PSIS Semarang, Barito Putera, dan Tira-Persikabo.

"Kami kan secara resmi sudah kirim surat, sebelum drawing kami sudah bersurat dan menyampaikan tidak bisa ikut Piala Menpora 2021. Mereka sudah tahu itu. Alasan utamanya ya karena mereka juga, harusnya itu yang dijelaskan ke publik," kata Benhur dalam rilis klub, Selasa (9/3/21).

Sepanjang sejarah berdirinya klub, Persipura bisa dibilang sebagai salah satu klub tersukses di Liga Indonesia. Tercatat, tim yang bermarkas di Mandala Stadium ini berhasil 4 gelar juara Liga Indonesia serta 3 kali finish sebagai runner up di era 2000-an. Selain itu, Persipura juga sempat tiga kali menyabet runner up Piala Indonesia.

Meski jago di kompetisi resmi lokal, namun Persipura terlihat angin-anginan bahkan terkesan ogah tampil sepenuh hati di ajang pramusim atau turnamen non resmi PSSI terutama sejak era Liga 1 2017 silam.

Salah satu turnamen pramusim terbesar di era Liga 1 adalah Piala Presiden yang bergulir hampir setiap tahun, dimulai dari edisi 2015, 2017, 2018 hingga terakhir 2019 yang dimenangi Arema FC saat itu.

Dari empat edisi ini, Persipura memang sempat ambil bagian namun permainan yang mereka tampilkan seolah masih setengah-setengah. Bahkan pada 2015, Persipura yang berstatus runner-up Liga Super Indonesia 2014 malah memutuskan enggan berpartisipasi.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Persipura terlihat malas di turnamen pramusim, namun sangat kompetitif di ajang resmi. Terbukti usai gelaran Piala Presiden 2015, Persipura yang tak ambil bagian malah berhasil menjuarai Torabika Soccer Championship setahun setelahnya.

Pada 2017, Persipura akhirnya untuk pertama kali tampil di Piala Presiden. Namun lagi-lagi, keengganan tampil serius diperlihatkan Persipura di mana Mutiara Hitam hanya mengandalkan Robertino Pugliara dan Yoo Jae-hoon sebagai punggawa asing.

Sementara sisanya, hanya pemain lokal jebolan PON atau tim muda Persipura seperti Marinus Wanewar, Osvaldo Haay hingga Bernardus Kasse. Hasilnya, Persipura keok di babak penyisihan grup setelah finis di peringkat ketiga dengan raihan empat poin.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%