Liga Inggris

Valentino Livramento: The Next Cafu yang Bersemayam di Akademi Chelsea

Jumat, 19 Maret 2021 16:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Chelsea dikenal memiliki salah satu akademi terbaik di dunia. Banyak jebolan akademinya mampu menembus tim utama dalam dua tahun terakhir ini. Kini, tiket untuk promosi pun tengah dikejar oleh pemain akademinya, Valentino Livramento yang dijuluki ‘The Next Cafu’.

Sejak era Roman Abramovich, Chelsea mulai serius mengembangkan akademinya untuk mencetak pemain-pemain berbakat.

Kendati sepanjang perjalanannya jarang pemain muda menembus tim utama, namun para jebolan akademi The Blues mampu mendapat karier menawan di klub lainnya.

Sebelum tiga musim terakhir ini, hanya John Terry saja lah satu-satunya jebolan akademi Chelsea yang mampu tampil konsisten dan menjadi tulang punggung tim utama.

Setelahnya, jarang ada pemain akademi lainnya yang dipromosikan dan menjadi bagian utama tim. Namun, dalam tiga hingga empat musim terakhir, semua itu berubah.

Callum Hudson-Odoi menandai pemain akademi yang mampu masuk tim utama secara konsisten sejak melakukan debutnya pada 2018. Hingga saat ini, ia masih menjadi bagian skuat utama Chelsea.

Hudson-Odoi pun tak pelak menjadi penanda mulai diliriknya akademi Chelsea. Setelahnya, ada Mason Mount, Fikayo Tomori, Reece James, dan Tammy Abraham. Bedanya, keempat pemain ini sempat menjalani peminjaman terlebih dahulu.

Keempat pemain ini dan ditambah Billy Gilmour, menjadi tulan punggung Chelsea kala diterpa hukuman larangan transfer pada 2019/20. Namun, konsistensi membuat kelimanya bertahan di tim utama hingga larangan itu dicabut kini.

Dengan fakta itu, kini banyak pemain akademi Chelsea pun mulai berbondong-bondong menampilkan yang terbaik agar bisa mengikuti jejak seniornya menembus tim utama. Kebetulan pula, pelatih saat ini Thomas Tuchel dikenal kerap bereksperimen dengan memainkan pemain muda.

Dari sekian banyak pemain akademi yang siap debut, ada satu nama yang menarik perhatian INDOSPORT. Dia adalah Valentino Livramento, pemain yang berposisi sebagai bek kanan atau Wing Back kanan. Lalu, seperti apa profil dan karakter permainannya?