Liga Inggris

Angka Fantastis yang Harus Dibayar Tottenham Jika Pecat Mourinho

Minggu, 21 Maret 2021 11:37 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Tottenham Hotspur FC/Tottenham Hotspur FC via Getty Images
Jose Mourinho di Laga Piala FA Tottenham Hotspur vs Norwich City Copyright: © Tottenham Hotspur FC/Tottenham Hotspur FC via Getty Images
Jose Mourinho di Laga Piala FA Tottenham Hotspur vs Norwich City

INDOSPORT.COM – Tottenham Hotspur harus merogoh kocek yang cukup mahal apabila tetap memecat Jose Mourinho  sebelum akhir musim 2020-2021. Berapa besarnya?

Sepak terjang Jose Mourinho saat masih menukangi sejumlah klub di Eropa berikut berbagai trofi yang dimenangkannya memang tak perlu diragukan lagi.

Inilah yang membuat Tottenham mantap menunjuk Mourinho dengan harapan bisa menangi gelar juara setelah terakhir kali sabet Liga Inggris 1960-1961.

Sayangnya, performa The Spurs di bawah asuhan Mouringi jauh dari harapan. Puncaknya,  mereka tersingkir dari  Liga Europa yang jadi satu-satunya peluang memenangkan trofi.

Memimpin leg pertama, Harry Kane, Gareth Bale, dan rekan-rekan malah kena comeback 0-3 lawan Dinamo Zagreb yang pelatihnya dipenjara.

Daniel Levy selaku pemilik Tottenham mulai ancang-ancang untuk memecat pelatih asal Portugal meskipun harus dihantui dengan denda besar atas pemutusan kontrak secara sepihak.

Dilansir dari Football London, melihat gaji Mourinho hingga 15 juta pounds (Rp299 miliar) setahun dan sisa kontrak hingga musim panas 2023, maka besarnya biaya itu memang tak tanggung-tanggung.

Selain itu, Mourinho juga tidak memiliki kalusul pemutusan kontrak dalam kesepakatan itu, sehingga Daniel Levy diharuskan membayar biaya hingga mencapai 34,8 juta pounds atau Rp693 miliar.

Bila Levy masih mau bersabar untuk memecat Mourinho pada akhir musim, The Spurs mungkin hanya perlu membayar biaya denda sekitar 30 juta pounds atau Rp598 miliar.

Selain biaya untuk pemutusan Mourinho sendiri, klub London Utara itu juga harus menyanggupi biaya pemutusan kontrak staf pelatih yang dibentuk Mourinho saat tiba di Tottenham.