Liga Indonesia

Regulasi Pergantian Pemain di Piala Menpora 2021, Teco Nilai Klub Diuntungkan

Senin, 22 Maret 2021 21:43 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Bali United.
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco. Copyright: © Bali United.
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco menilai klub diuntungkan dengan regulasi enam pergantian pemain pada Piala Menpora 2021. Setelah setahun absen bertanding, para pemain tentu butuh waktu untuk kuat bertarung 90 menit.

Setiap tim berhak melakukan enam pergantian pada ajang pramusim ini. Namun, enam pergantian itu hanya bisa dilakukan dalam tiga sesi. Artinya, ketika ingin memaksimalkan enam pergantian, klub harus mengganti dua pemain dalam setiap kesempatan.

Teco melihat regulasi ini cukup menguntungkan para peserta. Pelatih asal Brasil ini menyadari para pemain butuh waktu untuk mengembalikan kebugaran setelah absen bertanding setahun.

"Saya pikir bagus karena ini masih pramusim, masih proses awal. Kita tahu pemain Indonesia sudah tidak main satu tahun, baru kembali sekarang. Pergantian enam pemain bagus karena kita juga tidak mau paksa pemain. Mereka bisa cedera," ucap Teco, Senin (22/03/21).

Bali United memang resmi berlatih sejak 8 Februari lalu. Mereka punya waktu lebih dari sebulan untuk bersiap. Namun, tak semua pemain mengikuti program dari awal.

Stefano Lilipaly menjadi salah satu pemain yang baru gabung latihan awal bulan ini. Willian Pacheco juga baru kembali setelah pemulihan cedera. Pergantian dalam jumlah besar pun bisa dilakukan Bali United.

"Kita harus lihat di dalam pertandingan. Kita harus lihat intensitas dari pertandingan. Ketika bisa jalan 90 menit tentu bagus, namun ketika tidak bisa, 60-70 menit bisa kita ganti," tutur Teco.