Liga Indonesia

Beda Pelatih Lokal dan Inggris, Begini Kata Wonderkid Barito Putera

Sabtu, 27 Maret 2021 10:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Barito Putera meraih kemenangan berharga atas Arema FC di Piala Menpora 2021. Wonderkid jebolan Garuda Select di Inggris, Alif Jaelani Ruslan, menjadi pembeda dalam pertandingan tersebut.

Alif Jaelani merupakan pemain termuda yang diturunkan dalam laga Barito Putera vs Arema FC. Dia berhasil menjebol gawang Singo Edan pada menit ke-11 saat usianya masih 18 tahun delapan bulan.

Tak berselang lama, Alif Jaelani kembali membuka peluang dan memberikan assist kepada Beni Oktovianto. Gol kedua Barito Putera pun bersarang di gawang Arema FC.

Meski akhirnya Barito Putera kebobolan satu gol dan laga berakhir 1-2, namun tak dapat disangkal jika Alif Jaelani adalah salah satu pilar yang membawa Laskar Antasari kini bertengger di posisi kedua Grup A Piala Menpora.

Jika menilik latar belakang Alif Jaelani, ia adalah pemain gelandang yang mencuri perhatian pelatih Inggris, Dennis Wise dan Des Walker, sehingga ia ikut serta dalam skuat Garuda Select periode 2019-2020.

Sepulangnya dari program Garuda Select di Inggris, Alif Jaelani sempat dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk merapat ke timnas Indonesia U-19, dalam persiapan menghadapi Piala Dunia U-20 2021, sebelum agenda ini dibatalkan FIFA.

Alif Jaelani mengaku banyak hal yang ia pelajari dari pelatih asing seperti Dennis Wise, Des Walker, hingga Shin Tae-yong, kemudian ia terapkan di Barito Putera.

"Pastinya ada banyak hal yang saya pelajari dan saya ambil dari Coach Dennis dan Coach Des," ungkap Alif Jaelani Ruslan kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Jumat (26/3/21).

"Ada banyak yang bisa saya terapkan di klub, seperti bagaimana bertahan dan menyerang saat duel bola atas, kemudian press lawan sebelum bola di kaki lawan, kita bermain dengan cepat," jelasnya.