Liga Indonesia

4 Bulan Latihan di Inggris, Begini Kesan 'The Next Bagus Kahfi' Hokky Caraka

Rabu, 31 Maret 2021 10:28 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Garuda Select
Bek muda PSS Sleman di Garuda Select, Hokky Caraka Bintang Briliant. Copyright: © Garuda Select
Bek muda PSS Sleman di Garuda Select, Hokky Caraka Bintang Briliant.

INDOSPORT.COM - Tepat empat bulan lalu, 21 pemain muda asal Indonesia bertolak ke Inggris untuk mengikuti program Garuda Select 3. Begini kesan pemain muda PSS Sleman yang dijuluki The Next Bagus Kahfi.

Adapun pemain yang dinaksud ialah Hokky Caraka Bintang Briliant. Bukan tanpa alasan jika ia disebut sebagai The Next Bagus Kahfi, karena perjalan karir mereka terbilang mirip.

Bagus Kahfi awalnya berperan sebagai bek, hingga ia tidak sengaja ditarik oleh pelatih Timnas U-15 kala itu, Fakhri Husaini, untuk mengisi posisi striker yang sejatinya milik saudara kembarnya, Bagas Kaffa.

Hingga kini, Bagus Kahfi dikenal sebagai striker yang haus gol, bahkan ia juga sudah dikontrak oleh tim sepak bola asal Belanda, FC Utrecht. Pencapaian itu tak lepas dari pembinaan dari Program Garuda Select.

Kali ini, ada Hokky Caraka yang awalnya berposisi sebagai bek, namun diminta oleh pelatih asal Inggris, Dennis Wise dan Des Walker untuk pindah posisi sebagai striker.

Empat bulan menjalani latihan intensif dari Loughborough University, Hokky Caraka pun memaparkan kesan dan dampak positif yang sudah ia rasakan dari bimbingan Dennis Wise dan tim pelatih Garuda Select 3.

"Banyak yang bisa saya pelajari di Inggris, terutama tentang peran seorang striker. Saya awalnya bermain sebagai bek, tapi saat ini nyaman bermain sebagai penyerang setelah saya mengikuti semua masukan dan arahan dari tim pelatih," ungkap Hokky Caraka.

"Saran dari pelatih yang paling saya ingat adalah bermain dengan simpel dan hanya boleh menggunakan dua sentuhan. Saya sempat dihukum push-up oleh pelatih apabila lebih dari dua sentuhan," imbuhnya.

Hokky Caraka juga bercerita tentang kualitas fasilitas yang ada di Program Garuda Select, yang sudah banyak membantunya untuk berkembang sebagai pemain profesional.

"Alat-alat yang digunakan sangat modern. Ada latihan menggunakan manekin dan gawang-gawang kecil yang sebelumnya tak pernah saya dapat di Indonesia," ujar Hokky.

"Gawang-gawang kecil itu berguna untuk melatih akurasi penyelesaian saya. Manekin itu bisa jadi benteng saat tendangan bebas, latihan set piece, dan bisa berfungsi menjadi gawang juga," jelas Hokky Caraka antusias.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
25%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%