In-depth

Duel Antarlini Arsenal vs Liverpool di Liga Inggris: Tajam vs Tumpul

Jumat, 2 April 2021 20:17 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Getty Images/Julian Finney
Liga Inggris pekan ini akan diwarnai laga seru antara Arsenal vs Liverpool, Minggu (04/04/21). Berikut duel antarlini yang akan tersaji di laga tersebut. Copyright: © Getty Images/Julian Finney
Liga Inggris pekan ini akan diwarnai laga seru antara Arsenal vs Liverpool, Minggu (04/04/21). Berikut duel antarlini yang akan tersaji di laga tersebut.

INDOSPORT.COM – Liga Inggris pekan ini akan diwarnai laga seru antara Arsenal vs Liverpool, Minggu (04/04/21). Berikut duel antarlini yang akan tersaji di laga tersebut.

Liga Inggris 2020/2021 kembali dilanjutkan akhir pekan ini, setelah sempat terhenti akibat kualifikasi Piala Dunia 2022. Memasuki pekan ke-30 ini, sejumlah duel panas akan terjadi, salah satunya Arsenal vs Liverpool yang digelar Minggu (04/04/21) pukul 02.00 dini hari WIB.

The Gunners dan The Reds sama-sama tampil jeblok musim ini. Arsenal sang juara bertahan Piala FA kini tertahan di posisi 9 klasemen sementara, sedangkan Liverpool yang jadi juara bertahan liga, sedikit lebih baik dengan berada di posisi 7.

Namun, secara performa, Liverpool sedikit lebih buruk dengan hanya meraih 2 kemenangan dan menelan 3 kekalahan dari 5 laga terakhir di liga. Sementara itu, Arsenal hanya menelan 1 kekalahan dan sukses meraih 2 kemenangan serta 2 seri.

Salah satu masalah utama The Reds adalah tumpulnya lini depan. Dalam lima pertandingan terakhir itu, mereka hanya bisa mencetak 3 gol. Parahnya lagi, Mohamed Salah gagal mencetak 1 pun gol dalam periode itu.

Di sisi lain, kehadiran Martin Odegaard sedikit memperbaiki penampilan Arsenal yang sukses mencetak 9 gol dalam periode yang sama, dengan bintang asal Norwegia itu sendiri turut menyumbang 1 gol

Lantas, akan seperti apa duel antarlini yang akan terjadi di laga Arsenal vs Liverpool di Liga Inggris akhir pekan nanti? Berikut ini ulasannya:

Formasi

Arsenal (4-2-3-1)

Liverpool (4-3-3)

Kiper

Bernd Leno akan kembali menjadi andalan di bawah mistar gawang Meriam London. Bintang Jerman itu tampil cukup baik dengan catatan 8 cleansheet dan kebobolan 31 kali dari 28 laga Liga Inggris, yang membuat Arsenal menjadi tim dengan angka kebobolan terkecil keempat.

Di sisi lain, meski masih jadi andalan Liverpool, performa Alisson Becker sedikit menurun musim ini. Meski baru kebobolan 26 kali dari 24 laga, ia hanya mencatatkan 6 cleansheet dan justru sudah beberapa kali membuat blunder.

Belakang

Di belakang, kedua tim akan sama-sama memainkan pola 4 bek, dengan Arsenal akan kembali mengandalkan kuartet Hector Bellerin, David Luiz, Gabriel, dan Kieran Tierney. Sorotan wajib ditujukan kepada Tierney yang tampil apik membantu penyerangan, dan sudah mengoleksi 1 gol serta 3 assist.

Liverpool sendiri mulai menemukan duet bek tengah yang tepat dalam diri Ozan Kabak dan Nat Phillips. Dalam 3 laga terakhir ketika mereka berduet, The Reds meraih 2 kemenangan dan 1 kekalahan, dan mencatatkan dua cleansheet.