In-depth

Meneladani Semangat Talenta Lokal PSM Makassar di Piala Menpora

Kamis, 15 April 2021 14:34 WIB
Editor: Coro Mountana
© freepik.com/ksandrphoto/wikipedia
Logo PSM Makassar. Copyright: © freepik.com/ksandrphoto/wikipedia
Logo PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - Marilah kita coba untuk meneladani semangat dari talenta lokal PSM Makassar yang bersinar di Piala Menpora 2021.

Tak terasa Piala Menpora 2021 telah memasuki babak semifinal dengan meninggalkan 4 tim terbaik Liga 1 saat ini. Ada Persija Jakarta, Persib Bandung, PSS Sleman dan PSM Makassar yang sanggup bertahan hingga babak 4 besar.

Dari keempat tim tersebut, semuanya memang memiliki skuad yang mumpuni dan semangat daya juang untuk terus bertahan di Piala Menpora 2021. Tapi mungkin kredit khusus patut diberikan kepada PSM Makassar.

Pasalnya, hanya PSM Makassar saja yang dihuni talenta 100 persen asli lokal tanpa naturalisasi sekalipun. Sebenarnya akibat pandemi, PSM Makassar masih memiliki satu pemain asing yaitu Wiljan Pluim.

Tapi sang bintang ternyata tak ikut dalam pagelaran Piala Menpora kali ini. Fakta tersebut tentu sangat menarik mengingat PSM Makassar bisa bertahan hingga babak semifinal Piala Menpora bermodalkan talenta lokal saja.

Tentu tanpa sedikitpun mengecilkan PSS, Persija, dan Persib yang memakai talenta asing, ketiga tim tersebut juga punya barisan bintang lokal berkualitas. Hanya saja apa yang dilakukan PSM tampak sangat spesial.

Apalagi mengingat PSM Makassar sejatinya tergabung ke dalam grup neraka di Piala Menpora. Di mana PSM yang tanpa pemain asing atau naturalisasi, harus bertarung dengan Persija Jakarta, Bhayangkara Solo FC dan Borneo FC.

Namun ternyata di luar dugaan, PSM Makassar berhasil lolos dari lubang jarum untuk menemani Persija ke 8 besar. Bertemu PSIS Semarang yang juga sesama tak memakai pemain asing sama sekali, PSM berhasil mengalahkannya walau harus lewat adu penalti.

Dengan tersingkirnya PSIS, maka PSM pun jadi satu-satuya tim dengan 100 persen talenta lokal yang bertahan di Piala Menpora. Namun, di babak semifinal hari ini melawan Persija Jakarta, ada banyak kendala yang harus dihadapi PSM Makassar, apa sajakah itu?

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%