In-depth

3 Partai Legendaris Athletic Bilbao vs Barcelona di Ajang Copa del Rey

Jumat, 16 April 2021 17:35 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© twitter.com/fcbarcelona
Athletic Bilbao dan Barcelona merupakan lawan bebuyutan di final Copa del Rey, berikut kami pilihkan tiga partai kedua tim yang tidak bisa dilupakan. Copyright: © twitter.com/fcbarcelona
Athletic Bilbao dan Barcelona merupakan lawan bebuyutan di final Copa del Rey, berikut kami pilihkan tiga partai kedua tim yang tidak bisa dilupakan.

INDOSPORT.COM - Athletic Bilbao dan Barcelona merupakan lawan bebuyutan di final Copa del Rey, berikut kami pilihkan tiga partai kedua tim yang tidak bisa dilupakan. 

Duel menarik akan tersaji di final Copa del Rey 2020-2021 antara Athletic Bilbao vs Barcelona. Pertarungan kedua tim akan dihelat di Estadio La Cartuja, Sevilla, Minggu (18/04/31). 

Athletic Bilbao kembali mampu menembus partai final Copa del Rey setelah pada musim 2019/21 kalah dari Real Sociedad. Bilbao berhasil lolos ke final setelah berhasil menyingkirkan Levante lewat keunggulan produktivitas gol tandang. 

Sementara itu, Barcelona lolos ke final setelah melakukan comeback dramatis melawan Sevilla. Blaugrana menang 3-0 di kandang setelah sebelumnya tumbang 2-0 di markas Sevilla. 

Pertemuan kedua tim pun terbilang sangat menarik. Sebab baik Bilbao dan Barcelona merupakan raja dari Copa del Rey. Saat ini Barca memegang rekor sebagai pemegang gelar terbanyak dengan 30 trofi. 

Sementara Athletic Bilbao berada di posisi kedua dengan 23 trofi di atas Real Madrid yang baru mengumpulkan 19 trofi. Jika bicara pengalaman, maka Bilbao dan Barca adalah yang terbaik di Copa del Rey. 

Bahkan, kedua tim sudah bertemu sebanyak delapan kali di final Copa del Rey sehingga laga dini hari nanti terbilang pertandingan klasik di persepakbolaan Spanyol. 

Dari delapan laga itu, Barca menang sebanyak enam kali, sedangkan Bilbao baru dua kali. Dengan sejarah panjang kedua tim di kompetisi Copa del Rey, sejumlah laga besar pun pernah terekam di masa lalu. 

1. Barcelona 4-1 Athletic Bilabo (Copa del Rey 2008/09)

Pada akhir musim 2008/09 laga Barcelona vs Athletic Bilbao tercipta di final Copa del Rey. Kala itu Barcelona tengah dalam masa kejayaan dan sukses melenggang ke final setelah menyingkirkan Mallorca 3-1. 

Sementara Athletic Bilbao menjadi tim kuda hitam yang sanggup menyingkirkan Sevilla dengan agregat telak 3-0. Partai keduanya pun ditunggu-tunggu publik Catalan dan Basque. 

Namun, malang bagi Athletic Bilbao sebab saat itu Barcelona memiliki salah satu skuad terbaik dalam sepak dunia. Mereka diperkuat oleh generasi emas seperti Carles Puyol, Xavi, Andres Iniesta, Sergio Busquets, Lionel Messi, sampai Samuel Eto'o. 

Meski Bilbao sempat unggul cepat pada menit 8' melalui Gaizzka Toquero, Barcelona sanggup membalas dengan empat gol sekaligus yang masing-masing dicetak oleh Yaya Toure (32'), Lionel Messi (55'), Bojan Krkic (57'), dan Xavi (64'). 

Skor 4-1 berakhir untuk kemenangan Barcelona. Barca pun resmi meraih gelar treble winner musim itu. Meski kalah telak, nyatanya Bilbao tetap dianggap sebagai salah satu tim terbaik di turnamen tersebut.