Liga Inggris

Derby County, Klub Legendaris Inggris yang Dirumorkan Diakuisisi Orang Indonesia

Minggu, 18 April 2021 14:55 WIB
Editor: Subhan Wirawan
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Mengenal profil Derby County, salah satu klub legendaris Inggris yang dirumorkan bakal diakuisisi oleh orang Indonesia, Raja Sapta Oktohari. Seperti apa kiprah klub arahan Wayne Rooney tersebut sepanjang sejarah?

Nama Derby County sendiri dalam beberapa pekan terakhir memang tengah jadi perbincangan hangat, terutama bagi para pecinta sepak bola Tanah Air. Pasalnya, klub yang bermarkas di Pride Park Stadium ini dikabarkan bakal berganti kepemilikan musim depan.

Menariknya, salah satu tokoh Indonesia disebut jadi pengakuisisi Derby County nanti. Rumor ini pertama kali berhembus melalui ucapan pakar finansial sepakbola, Kieran Maguire.

Menurutnya, Derby County yang sebelumnya sudah jalin kesepakatan dengan No Limits Sports Limited sebagai sponsor baru, masih memiliki sosok lain yang jadi pengakuisisi saham mayoritas klub.

Dilansir dari laman Football League World, diketahui bahwa Raja Sapta Oktohari, putra kedua mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Indonesia 2017-2019, Oesman Sapta Odang, adalah sang pemilik dana yang membeli saham kepemilikan Derby.

“Ada sebuah konsorsium, dan dana itu sebetulnya berasal dari [pengusaha] Indonesia bernama Raja Oktohari, yang juga terlibat di kepengurusan Komite Olimpiade Indonesia (KOI),” kata Maguire.

“Ayahnya adalah seorang politikus ternama di negara itu. Dia juga merupakan teman dari Erick Thohir, yang mempunyai sejarah kepemilikan bersama di Internazionale dan DC United,” tambahnya.

Meski belum ada pernyataan resmi dari pihak klub, namun jika benar Raja Sapta Oktohari bakal mengakuisisi Derby County maka sejuah ini akan ada cukup banyak klub Eropa yang dimiliki oleh orang Indonesia.

Sebelum Derby County, di Inggris telah lebih dulu ada Oxford United yang dimiliki Erick Thohir dan juga Anindya Bakrie. Kemudian ada Tranmere Rovers (Santini Group), serta Como FC milik Djarum Indonesia.

Mendengar nama Derby County, mungkin bagi pecinta sepak bola milenial kurang begitu familiar. Namun untuk fanatik Liga Inggris zaman 90-an, klub dengan logo domba ini sangatlah ikonik bahkan sempat populer saat ceritanya diangkat dalam film layar lebar.

© UEFA
Pelatih legendaris Nottingham Forest, Brian Clough. Copyright: UEFAPelatih legendaris Derby County, Brian Clough.

Berdiri sejak 1884, Derby County memang belum pernah menjuarai Liga Inggris di era Premier League, namun pada tahun 70-an mereka sempat merajai kompetisi tertinggi negeri Ratu Elizabeth.

Pencapain tertinggi Derby County pertama kali tercipta musim 1971–72 silam. Di musim tersebut, The Rams berhasil mengakhiri dominasi Leeds United, Everton dan Liverpool yang berkuasa di tahun-tahun sebelumnya dengan menjadi juara.

Bersama sang pelatih legendaris Brian Clough, skuad Derby County yang bertumpu pada Kevin Hector serta John O'Hare sebagai penyerang, berhasil jadi pemuncak klasemen hingga akhir musim dengan torehan 58 poin, unggul satu angka dari Leeds United di tempat kedua.

Gelar juara First Division (kasta teratas Liga Inggris saat itu) tahun 1971/72, jadi torehan tertinggi pertama Derby County sepanjang sejarah. Bahkan kegemilangan pelatih Brian Clough membawa anak asuhnya juara, sampai dibuatkan film dengan judul 'The Damned United'.