In-depth

Jose Mourinho yang Gemar Menyalahkan Pemain

Minggu, 18 April 2021 20:44 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Neil Hall - by Pool/Getty Images
Jose Mourinho kembali menjadi sorotan di klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur. Digadang-gadang menjadi penyelamat tim, Mourinho malah jadi pesakitan di klub London Utara itu. Copyright: © Neil Hall - by Pool/Getty Images
Jose Mourinho kembali menjadi sorotan di klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur. Digadang-gadang menjadi penyelamat tim, Mourinho malah jadi pesakitan di klub London Utara itu.

INDOSPORT.COM - Jose Mourinho kembali menjadi sorotan di klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur. Digadang-gadang menjadi penyelamat tim, Mourinho malah jadi pesakitan di klub London Utara itu. 

Bersama Jose Mourinho, Tottenham Hotspur tertatih-tatih musim ini. Harry Kane dkk baru menang satu kali dari lima laga terakhir. Jika dikalkulasi lagi, Spurs menelan 7 kekalahan, 2 imbang, dan hanya 3 kali menang dari 12 laga terakhir yang dilakoni di Liga Inggris. 

Maka tak heran posisi mereka di klasemen tercecer sampai ke peringkat ketujuh. Spurs baru mengumpulkan 50 poin dari 32 pertandingan. 

Peluang mereka finis di zona Liga Champions pun menipis setelah Chelsea dan West Ham tampil lebih baik musim ini. Namun, bukan cuma hasil akhir yang membuat Mourinho disorot habis-habisan. 

Nyatanya, Mourinho kembali mempertontonkan sikap yang dianggap tidak bijaksana. Alih-alih mengambil tanggung jawab, pelatih asal Portugal itu tak segan-segan menyalahkan kinerja pemainnya. 

Dalam sebuah wawancara selepas Spurs diimbangi Newcastle, Mourinho membandingkan masa kepemimpinannya di klub lama dengan Tottenham. Menurut Mourinho, apa yang diperbuatnya sebagai pelatih adalah sama seperti saat di klub lain, namun di Tottenham kualitas pemain yang ada berbeda. 

"Pelatih yang sama, pemain yang berbeda," ujar Mourinho dikutip dari The Guardian. 

Pernyataan itu sendiri keluar setelah Spurs berulangkali lemah dalam menjaga keunggulan. Dengan kata lain ia merendahkan kemampuan anak asuhnya sendiri di Tottenham Hotspur. Hal semacam ini tentu dapat menurunkan mental pemain-pemain Spurs. 

Bagi para penikmat sepak bola yang lama mengetahui sepak terjang Mourinho, tentu hal ini terasa familier. Sebab, bukan kali pertama Mourinho tak segan-segan menyalahkan para pemainnya. 

Faktanya, di klub-klub yang ia tangani sebelumnya, The Special One kerap melontarkan pernyataan serupa. Bahkan, hal ini jadi semacam kebiasaan bagi Mourinho ketika timnya terpuruk.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%