In-depth

3 Alasan 'The Big Six' Liga Inggris Tinggalkan European Super League

Rabu, 21 April 2021 20:15 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Catherine Ivill/Getty Images
Ada sejumlah alasan mengapa klub-klub The Big Six Liga Inggris menjadi yang pertama untuk keluar dari Liga Super Eropa. Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Ada sejumlah alasan mengapa klub-klub The Big Six Liga Inggris menjadi yang pertama untuk keluar dari Liga Super Eropa.

INDOSPORT.COM - Ada sejumlah alasan mengapa klub-klub The Big Six Liga Inggris menjadi yang pertama untuk keluar dari Liga Super Eropa

Gonjang-ganjing terjadi di persepakbolaan Eropa. Sebanyak 12 klub elite benua biru sepakat membentuk Liga Super Eropa (ESL) sebagai tandingan Liga Champions. 

Gagasan Liga Super Eropa atau European Super League (ESL) gaungnya kian santer sejak beredarnya informasi per Minggu (18/04/21) di mana belasan tim elite Eropa akan mendeklarasikan bergabung dengan kompetisi ini.

Meski dideklarasikan pada menjelang musim panas 2021, faktanya rencana pendirian ESL sudah tercetus bertahun-tahun lalu. Adalah sosok Florentino Perez (presiden Real Madrid) yang dikabarkan mengingini kompetisi semacam ini pada 2009 silam. 

Sebagai informasi, Liga Super Eropa terbentuk lantaran sejumlah besar klub raksasa Eropa (12 tim yang disebutkan tadi dan kini dianggap sebagai pendiri European Super League) percaya bahwa format Liga Champions saat ini masih dianggap kurang menguntungkan.

Namun, ambisi presiden Real Madrid, Florentino Perez, untuk menggelar Liga Super Eropa harus hancur hanya dalam waktu 48 jam saja. Berawal dari Manchester City, disusul Chelsea, enam klub Liga Inggris pun menjadi yang lebih dulu tinggalkan Liga Super Eropa. 

Ancaman keras berupa larangan tampil di liga domestik, liga Eropa (Liga Champions dan Liga Europa), hingga Piala Dunia untuk para pemain rupanya menunjukkan hasil. Tak cuma para fans, pelatih, dan pemain pun protes terhadap langkah nekat klub-klubnya.

Namun, itu bukan satu-satunya alasan. Ada sejumlah alasan lain mengapa klub-klub The Big Six menjadi yang pertama untuk keluar dari Liga Super Eropa. Berikut ulasan lengkapnya. 

1. Sanski Klub

Alasan pertama yang melatari kembalinya enam klub besar Liga Inggris ke pangkuan UEFA adalah deretan sanksi yang menanti. Seperti diketahui, baik UEFA, FIFA, dan federasi Sepak Bola di negara bersangkutan sama-sama mengecam dan menyiapkan sanksi berat untuk klub peserta European Super League. 

Yang pertama adalah didepak dari ajang Liga Champiosn Eropa dan kompetisi Eropa lain. Kedua, klub-klub tidak boleh berkompetisi di liga domestik. 

Dan yang ketiga atau yang paling memberatkan adalah ancaman kepada pemain yang berpartisipasi di Liga Super Eropa untuk tidak bisa memperkuat tim nasional. 

Itu artinya akan ada banyak sekali pemain-pemain yang tidak bisa tampil di Piala Dunia maupun Euro 2020 jika kompetisi ESL dilanjutkan. Ke-12 klub memang memiliki posisi bargaining yang kuat, namun jika menyangkut nasib pemain, tentu klub tidak bisa berbuat apa-apa.