Bola Internasional

6 Klub Liga Inggris Mundur, Liga Super Eropa Resmi Ditunda

Rabu, 21 April 2021 09:35 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Proyek kontroversial yakni European Super League atau Liga Super Eropa akhirnya resmi ditunda setelah enam klub Liga Inggris menyatakan mundur.

Enam klub Liga Inggris yakni  Manchester United, Liverpool, Arsenal, Tottenham Hotspur, Chelsea, dan Manchester City yang sebelumya ikut masuk dalam daftar 12 tim pendiri menyatakan mundur karena mendapatkan protes keras dari para fans.

Dilansir dari ESPN, penggagas Liga Super Eropa kemudian mengeluarkan pernyataan resmi yang menyatakan bakal menunda rencana untuk menggelar kompetisi European Super League.

"Mengingat keadaan saat ini, kami akan mempertimbangkan kembali langkah-langkah yang paling tepat membentuk kembali proyek, selalu mengingat tujuan kami menawarkan pengalaman terbaik kepada para penggemar sambil meningkatkan pembayaran solidaritas untuk seluruh komunitas sepak bola," tulis pernyataan resmi Liga Super Eropa.

Seperti diketahui, rencananya Liga Super Eropa bakal digelar pada Agustus 2021 mendatang. Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Juventus, AC Milan, Inter Milan, Manchester United, Chelsea, Manchester City, Liverpool, Arsenal, dan Tottenham Hotspur menjadi 12 tim pendiri ajang tersebut.

Mereka sebenarnya sedang menunggu tiga klub lagi untuk melengkapi status pendiri menjadi 15. Kemudian lima klub lainnya yang di luar status pendiri bakal di ambil lewat jalur kualifikasi atau berdasarkan performa untuk bisa ikut bermain di Liga Super Eropa.

Akan tetapi, kompetisi 'haram' itu langsung mendapatkan banyak penolakan termasuk kecaman dari FIFA, UEFA, sejumlah pengamat hingga fans sepak bola.